Buku-buku Favorit Pilihan Galih Wismoyo Sakti

0

Sebagian orang mengenal Galih Wismoyo Sakti sebagai seorang filmmaker, sementara di dunia ilustrasi ia dikenal sebagai seorang ilustrator dengan ciri khas karya bergaya dekoratif dan terkadang abstrak. Galih juga kerap memberikan elemen keindahan Indonesia di dalam setiap karya-karyanya.

Melihat Galih sebagai seorang seniman yang mengekspresikan dirinya melalui berbagai media, Kopling jadi penasaran dengan referensi Galih dan menanyakan buku-buku bacaan yang ia koleksi. Apa aja sih? Yuk kita simak bareng!

Mahabharata oleh RA Kosasih

 

sumber: siloka.com

“Perkenalan dengan aktivitas membaca dimulai dari komik Mahabharata karya Raden Ahmad Kosasih, yang menceritakan epos Hindu kuno dengan gaya bertutur khas beliau yang memikat. Jargon khas pasundan kerap mewarnai masa kecil saya. Tanpa disadari, simpati tumbuh subur pada keluarga Pandawa dan Kurawa yang walau bersaudara dekat namun harus bermusuhan hingga ajal memisahkan mereka semua.”

Historic India oleh Lucille Schulberg

sumber: amazon.com

Historic India adalah satu dari seri ensiklopedia Great Ages of Man yang dirilis oleh Time-Life Books. Merupakan set ensiklopedia sejarah yang diwariskan turun temurun oleh kakek nenek saya, buku ini mendiami lemari ruang tamu begitu lama sampai akhirnya saya menemukannya kembali. Bersanding dengan belasan judul lain, Historic India langsung menjadi favorit karena sampul depannya – yang dilukis oleh seniman Punjabi – begitu menarik perhatian: Seorang gadis istana yang tengah memberi pangan seekor merak cantik.”

Drawing on the Artist Within oleh Betty Edwards

sumber: amazon.com

“Diterbitkan pasca kesuksesan besar buku Edwards sebelumnya yang berjudul Drawing on the Right Side of the Brain, Drawing on the Artist Within masih berjibaku pada metode brilian Betty Edwards tentang proses menggambar, bahwa setiap orang bisa belajar menggambar sama seperti belajar membaca.”

Para Priyayi oleh Umar Kayam

sumber: amazon.com

“Seperti halnya Historic India, saya menemukan Para Priyayi dalam lemari kecil berdebu di rumah lama yang sudah lama tak saya tinggali. Hari demi hari setelahnya saya habiskan untuk berkenalan dengan Lantip, seorang kecil yang berusaha untuk menata hidup dalam jenjang sosial Jawa yang keras. Para Priyayi bisa dibilang merupakan bacaan yang membuat saya (semakin) jatuh hati pada budaya Jawa.”

A Little History of The World oleh E.H. Gombrich

sumber: amazon.com

“Melingkupi jaman pradinosaurus, masa klasik, hingga masa hidup sang penulis, sejarah dunia diceritakan dengan bahasa yang sederhana nan ringan namun tetap berbobot berat oleh E.H. Gombrich. Gombrich lebih dikenal sebagai sejarawan seni, namun dalam lembar demi lembar A Little History of The World ia memperlihatkan sisi holistiknya yang pada karya lainnya hanya ditunjukkan secara halus dan samar.”

Sejarah Awal – Indonesian Heritage

“Sejarah Awal (Ancient History) adalah bagian pertama dari total 10 ensiklopedia Indonesian Heritage, yang berisi ilmu pengetahuan tentang nusantara. Di sini saya belajar tentang konsep kepulauan, perbedaan dan keragaman di tanah air yang sesungguhnya memperkaya bangsa. Sejarah Awal dipilih dari 10 judul lainnya karena topiknya yang selalu menarik perhatian saya; masa-masa keemasan klasik di Indonesia.”

The Pixar Touch oleh David A. Price

sumber: jonnyelwyn.co.uk

“Di tahun 2008, film Wall-E dirilis oleh Pixar dan membuat saya semakin terkagum oleh otak dan tim kreatif di studio tersebut. The Pixar Touch – yang diterbitkan pada tahun yang sama – membantu saya menyelami isi pikiran studio yang selalu berusaha memberikan cerita terbaik bagi pirsawannya. Buku ini juga membuat saya percaya bahwa menjadi perfeksionis dalam dunia kreatif adalah hal yang mungkin, selama kita paham dan mau melewati proses berliku dan bahkan jatuh bangun dahulu.”

Cartoon History of The Universe oleh Larry Gonick

sumber: amazon.com

“Hingga saat ini, Larry Gonick mungkin adalah komikus sekaligus sejarawan dan ilmuwan yang paling berhasil mengkomunikasikan visinya dalam format yang ia pilih, pada konteks ini berupa komik. Tidak hanya kaya informasi, Cartoon History of The Universe juga membuat topik sejarah menjadi nikmat dibaca, dan yang tak kalah penting, melekat di kepala.”

Egyptian Art oleh Emile Prisse d’Avennes

sumber: amazon.com

“Ditulis dan diilustrasikan oleh seorang egyptologist kelahiran Perancis abad 19, Egyptian Art tak hanya merupakan dokumentasi luar biasa dan menyeluruh tentang budaya dan sejarah Mesir, melainkan juga sebuah katalog yang memperlihatkan bakat dan ambisi d’Avennes sebagai seorang seniman sekaligus sejarawan paling penting di jamannya.”

70 Year Journey of Roso oleh Srihadi Soedarsono

sumber: gramedia.com

“Srihadi Soedarsono adalah pelukis yang entah bagaimana, karyanya begitu lekat dengan alam pikir saya. Melihat perjalanannya dalam buku kumpulan lukisan beliau di 70 Year Journey of Roso seperti melihat proses yang terjadi dalam diri saya sebagai penggambar. Mulai dari eksplorasi medium beliau yang begitu beragam (dari pensil hingga cat minyak), hingga obyek yang juga banyak macam (Candi Borobudur hingga teman terdekat), membuat saya menyadari bahwa proses yang dialami seniman bisa sangat beragam sekaligus seragam.

 

Featured image: @galihwismoyo

About author

No comments

Pameran Kopi Indonesia di #KACF2014

Nggak terasa acara Kemang Art & Coffee Festival tinggal 1 minggu lagi. Kalau dari beberapa minggu terakhir Kopling sudah cerita banyak tentang sisi Art-nya, mulai ...