5 Buku Puisi dengan Ilustrasi Indah

0

Dalam rangka memperingati hari literasi internasional yang jatuh pada hari ini, 8 September, Kopling akan memberikan rekomendasi tentang buku puisi terbaik dengan ilustrasi yang menarik. Kelima buku puisi ini memiliki karakteristik dan dianggap memberi pengaruh kepada pembacanya:

Dog Songs – Mary Oliver

maryoliverdogsongs

www.brainpickings.org

Dicintai oleh pembacanya, khusus untuk jantung penyair sendiri, puisi anjing Mary Oliver menawarkan jendela khusus ke dunianya. Anjing Lagu mengumpulkan beberapa puisi yang paling dihargai bersama dengan karya-karya baru, menawarkan potret hubungan Oliver untuk para sahabat yang telah menemani jalan-jalan sehari-hari, menghangatkan rumahnya, dan terinspirasi pekerjaannya. Diilustrasikan dengan gambar anjing sendiri, subyek datang untuk hidup penuh warna di sini.

Dog Songs adalah bukti kekuatan dan kedalaman hubungan antara manusia dan hewan. Kamu pasti akan menemukan puisi-puisi yang sangat relate dengan kehidupanmu, terutama kalau kamu juga memiliki anjing di rumah.

30 days – Joanna Tilsley

xyz30days (1)

www.brainpickings.org

Joanna Tilsley adalah satu penyair yang mengimplementasikan ucapan biologist berpengaruh E.O. Wilson yang mengatakan bahwa “The ideal scientist thinks like a poet and works like a bookkeeper.” Ia tunjukkan dalam bukunya berjudul 30 days, buku puisi yang tak biasa yang merupakan series dari “quantum poetry”. Ia tulis puisi ini bersama pseudonym biologist (orang yang tak ingin disebutkan namanya) yang ditulisnya sejak umur 8 tahun sampai dia wisuda. Pada April 2013, ketika dia sedang stress untuk menulis, ia meminta temannya untuk menjadi partnernya dalam proyek menulis kreatif yang diadakan oleh NaProWriMo, sebuah proyek menulis puisi sehari selama satu bulan. Dalam puisinya ia menerjemahkan mengenai DNA, exoplanet Keppler-62F, holometabolism, hingga kosmonot Yuri Gagarin.

The Bad Book – Sylvia Plath

plathbedbook_cover_front

www.brainpickings.org

Pada tahun 1959, Sylvia Plath – penyair terkenal, sedikit-dikenal sebagai seniman, pelamun yang romantis – menulis cerita anak-anak yang indah tentang bahaya kesadaran diri. Tapi ternyata itu bukan dia saja: Pada tahun 1976, Faber diterbitkan The Bed Book (perpustakaan umum) – serangkaian puisi aneh tentang berbagai jenis tempat tidur, yang ditulis untuk anak-anak Plath sendiri, ditaburi dengan fantasi dan eskapisme. Di bukunya, terdapat ilustrasi yang digambar apik oleh artis yang sering menghiasi buku anak-anak, Quentin Blake.

Where the Sidewalks End – Shel Silverstain

30119

amazon.com

Buku yang berisikan kumpulan puisi ini tetap menjadi yang terlaris dan banyak dibaca oleh berbagai kalangan dan generasi. Beragam hal bisa kita temui di dalam Where the Sidewalk End. Seorang laki-laki yang masuk ke dalam televisi dan juga perempuan yang memakan seekor ikan paus. Unicorn atau kuda bertanduk juga dapat kita temui di dalam buku ini. Buku ini seolah menjadi dunia tempat kita dapat melihat bayangan kita, menanam berlian, menemukan sepatu yang melayang, dan hal-hal yang hampir mirip dengan dunia paralel.

Karya-karya indah Shel Silverstein seperti kumpulan puisi dan illustrasinya adalah salah satu dari 100 buku cerita anak-anak terbaik versi Parent & Child Magazine. “Silverstein memiliki bakat untuk menciptakan ritme dan rima yang sangat harmonis pada setiap puisinya, sehingga setiap orang akan dengan senang hati membacakan puisi karyanya,” ungkap School Library Journal.

A Light in The Attic – Shel Silverstain

51cXO5w0lyL._SX258_BO1,204,203,200_

amazon.com

“A Light in the Attic” adalah salah satu buku yang paling kontroversial namun terbaik tentang puisi yang pernah ditulis. Buku ini penuh dengan puisi tentang badut, bajak laut, monster dan segala macam orang-orang aneh dan hewan melakukan hal-hal gila. “A Light in the Attic” mungkin terlalu sugestif dan morbid untuk anak kecil, tetapi anak-anak yang lebih tua akan mudah menyenangkan diri dengan karakter konyol dari karakter.

 

Selamat Hari Aksara Internasional!

About author

No comments

Kopi Vs Kopi

Entah ini perasaan gue atau emang bener, gue merasa 2 tahun ini semakin banyak orang yang peduli dengan kualitas kopi di negeri kita ini. Mulai ...