10 Buku Yang Penting Dibaca Oleh Para Freelancer Bidang Kreatif

0

Bekerja di bidang kreatif, tapi kamu sering merasa jenuh dengan aktivitas kantor yang monoton? Mungkin kamu kemudian memutuskan untuk menjadi seorang freelancer. Hanya saja sulit untuk tidak merasa gamang untuk bekerja sendiri, apalagi sebelumnya tidak memiliki pengalaman untuk itu.

Tapi jangan takut, karena ada beberapa buku yang bisa menjadi teman pegangan saat memutuskan untuk menjadi seorang freelancer kreatif. Dan barisan buku ini juga perlu bagi yang sudah lama terjun di bidang freelancer, yang siap membuka cakrawala waktu ide mendadak buntu!

1. “Work for Money, Design for Love: Answers to the most Frequently Asked Questions About Starting and Running a Successful Design Business” oleh David Airey

Book 01

pinterest.com

Ditulis oleh sosok penting bernama David Airey yang sebelumnya sudah menulis buku berjudul Logo Design Love dan juga seorang perancang bertaraf internasional, buku iini akan menjawab semua pertanyaan yang terlalu takut kita tanyakan saat memutuskan menjadi freelancer. Sebagai misal, pertanyaan seperti “bagaimana menemukan klien baru?” hingga yang lebih sulit seperti “berapa yang harus aku tagih untuk kerjaan yang sudah kubuat?”. Buku ini menyediakan jawaban yang komprehensif bagi para perancang freelance yang baru memulai melangkah.

2. “Making Ideas Happen: Overcoming Obstacles Between Vision and Reality” oleh Scott Belsky

20at30.com

Terinspirasi oleh kutipan Thomas Edison yang terkenal, “jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat”, Scott Belsky telah mengumpulkan ratusan wawancara bersama dengan tim dan sosok paling kreatif di seluruh dunia. Buku ini secara khusus bertujuan agar pembacanya membuat nyata visi mereka. Bahkan jika masih merasa ragu untuk masuk ke dunia freelance, buku ini akan menawarkan beberapa inspirasi.

3. “Be A Free Range Human: Escape the 9 to 5, Create a Life You Love and Still Pay the Bills” oleh Marianne Cantwell

Sumber gambar: creativeboom.com

creativeboom.com

Mungkin rutinitas pekerjaan 9 to 5 sulit untuk membangkitkan cita rasa kreativitas di diri kita. Tapi pengarang buku ini, Marianne Cantwell, mungkin bisa membantu. Dengan bahasa yang ringkas dan cerdas, buku ini terasa sangat enak dibaca serta mampu menginjeksi energi ke dalam diri untuk menganggap bahwa menjadi freelancer juga bisa sukses. Buku ini menantang kita untuk menciptakan karir dengan “free range” dan melakukan apa yang kita sukai.

4. “Grow Your Handmade Business: How to Envision, Develop, and Sustain a Successful Creative Business” oleh Kari Chapin

creativeboom.com

Bagi mereka yang ingin mengembangkan hobi kreatif mereka lebih jauh, buku ini disiapkan tidak hanya sebagai buku yang melatih untuk itu, namun juga panduan yang praktis. Ada banyak tips yang akan membuat bisnis kita berkelanjutan dan mencapai tujuan jangka panjang yang sudah direncanakan, termasuk manajemen waktu hingga perpajakan.

5. “Art, Inc.: The Essential Guide for Building Your Career as an Artist” oleh Lisa Congdon

lisacongdon.com

Buku ini hadir bagi orang-orang yang memiliki passion di bidang seni dan ingin menjadikan kerja kreatif mereka sebagai karir. Di dalamnya akan diungkap berbagai cara untuk dapat hidup hanya dengan bersandarkan pada seni. Buku menawarkan petunjuk dan nasehat step-by-step untuk itu. Dengan memberikan beberapa rahasia dari para profesional, buku akan menyiapkan mindset kita dan mengolah kecintaan kita akan seni menjadi sesuatu yang bisa secara konkrit bisa digunakan membayar tagihan bulanan.

6. “David and Goliath: Underdogs, Misfits, and the Art of Battling Giants” oleh Malcolm Gladwell

philmunsey.org

Meski terkesan sebagai buku tips, namun ternyata karangan Malcolm Gladwell ini merupakan bacaan yang menginspirasi, dengan mengambil kisah David dan Goliath sebagai aspek tematisnya. Buku menyediakan pandangan mendalam tentang potensi kita. Buku menunjuk apa yang bisa dianggap sebagai keuntungan maupun sebaliknya dari potensi diri kita serta memperlihatkan jika apa yang sepertinya menentang kita justru bisa dimanfaatkan menuju sukses.

7. “The Freelancer’s Bible: Everything You Need To Know to Have the Career of Your Dreams on Your Terms” oleh Sara Horowitz

pinterest.com

Sebagaimana yang terpampang di judulnya, buku ini akan memberi apa yang perlu kita ketahui dari dunia freelance. Penulisnya merupakan pendiri Freelance Union, sehingga kredibilitas buku pastinya sangat bisa dipertanggungjawabkan. Sebuah buku yang sempurna menjadi peta dan referensi untuk membantu awal karir dunia freelance kita.

8. “Creative, Inc.: The Ultimate Guide to Running a Successful Freelance Business” oleh Meg Mateo Ilasco & Joy Deangdeelert Cho

livelovedraw.com

Bisa dikatakan buku ini merupakan buku klasik untuk para freelancer. Ia menawarkan kearifan untuk semua jenis kreatifitas, entah apakah kita seorang ilustrator, fotografer, desainer grafis, animasi dan banyak lagi. Buku akan menjelaskan bagaimana membuat portofolio yang mengesankan dan sulit ditolak pesonanya oleh orang lain, serta bagaimana mengatasi hal-hal berbau hukum saat memulai bisnis.

9. “This Year Will Be Different: The Insightful Guide To Becoming a Freelancer” oleh Monika Kanokova

producthunt.com

producthunt.com

Sorry ya, para laki-laki! Buku ini ditulis secara khusus untuk entrepreneur perempuan sebagai panduan praktis untuk merintis karir freelance di industri kreatif. Bukunya dipenuhi dengan tips, trik, wawancara dan beragam kisah dari pada blogger perempuan, desainer, fotografer dan berbagai ranah profesional lain di zona kreatif.

10. “How to Start a Creative Business: The Jargon-Free Guide for Creative Entrepreneurs” oleh Doug Richard

creativeboom.com

Entrepreneur, edukator bisnis dan penemu Dragon’s Den, Doug Richard, mengungkap tips-tips unggulannya dalam mengubah bisnis kreatif menjadi sesuatu yang benar-benar bisa bekerja. Bukunya sangat gampang dicerna dengan 10 rencana yang akan menuntun kita di jalan freelance, serta mencakup contoh kasus nyata dari kisah-kisah start-up freelance yang sukses. Buku ini akan mengarahkan kita dalam mengubah kreativitas menjadi bisnis.

 

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

The Centrifuge Brain Project

Sebuah “dokumenter” mengenai sisi ilmiah dari permainan Amusement Park. Dr. Laslowicz, kepala “project” ini percaya bahwa gaya sentrifugal dapat meningkatkan kemampuan otak manusia. Maka dia ...