10 Buku Favorit Muhammad Taufiq alias Emte

0

Muhammad Taufiq alias Emte bisa dibilang salah satu ilustrator serba bisa yang mampu mengeksplorasi berbagai macam gaya dalam berkarya. Sebagian orang mengenal Emte dari karya cat airnya yang telah banyak dipamerkan di galeri seni, sebagian lainnya mungkin mengenal Emte lewat komiknya yang nakal, dan mungkin cukup banyak juga orang yang mengetahui nama Emte dari ilustrasinya yang banyak menghiasi sampul buku penulis ternama, seperti Aan Mansyur.

Karya-karya Emte yang sangat imajinatif tentunya nggak lepas dari referensi yang ia peroleh selama 10 tahun lebih berkarya, termasuk salah satunya buku. Di sini Emte membagikan beberapa buku favorit yang memengaruhi proses berkaryanya. Yuk kita lihat bareng!

Lima Sekawan

Buku-buku tema petualangan selalu menarik buat Emte karena bisa membuatnya berimajinasi sembari berkhayal seandainya ia berperan sebagai tokoh yang berpetualang di cerita tersebut.

Trio Detektif

Tema tentang detektif dengan segala kasus yang dihadapinya. Menarik sekaligus menegangkan. membaca seluruh teks dalam bukunya selalu membangkitkan imajinasi.

SO WHAT! Metallica Biography

Buku yang mengulas sisi lain yang begitu personal dari sebuah band favorit Emte sejak masih bersekolah hingga kini. Bisa mengetahui lebih jauh tentang proses penciptaan sebuah karya musik.

AC/DC The Ultimate Illustrated History

Band rock paling terkenal sejagad. Lagu-lagunya selalu menjadi teman Emte dalam berkarya. Lewat buku ini ia jadi bisa tahu banyak tentang masing-masing personil band-nya dan segala kegilaan yang mereka lakukan sepanjang karirnya. Sangat menginpirasi, terutama dalam hal konsistensi.

Playboy 50 Years in the Cartoon

Buku berisikan semua kartun maupun komik strip yang rutin menghiasi majalah gaya hidup paling populer, Playboy. Berbagai tema gambar dari yang lucu, absurd, hingga sarkasme menjadi sensasi tersendiri bagi kita yang membacanya. Sangat mengubah persepsinya selama ini bahwa majalah Playboy hanya melulu mengulas hal-hal seputar selangkangan.

Fashion Illustration Now

Buku yang awalnya sebagai oleh-oleh dari sahabat Emte sepulang dari luar negeri ini memperkenalkannya kepada subgenre lain dari dunia ilustrasi. Sebuah visualisasi dunia fashion oleh para illustrator dengan segala keunikannya lewat eksplorasi medium yang begitu kaya.

Melihat Api Bekerja

Buku yang merupakan kolaborasi Emte dengan penyair yang selama proses pengerjaannya nggak pernah bertemu secara fisik. Sukses menggabungkan dunia sastra dan seni rupa.

Petruk Gareng

Buku komik yang menjadi bacaan kegemarannya sejak kecil hingga kini. Tampilannya sederhana, jujur apa adanya, bicara tentang keseharian yang dialami banyak masyarakat umum. Dialognya lucu dan ceritanya sangat menghibur.

Kota Urban Jakarta

Zaldy, seorang komikus genre roman lokal yang kerap menghadirkan segala hal berbau kota metropolitan khususnya Jakarta dalam komik-komik ciptaannya.

Perang Eropa

Buku bertema sejarah, seperti misalnya Perang Dunia menjadi ketertarikan tersendiri bagi Emte. Membaca sejarah membuatnya bisa mengetahui apa saja yang terjadi beberapa puluh tahun lampau, bahkan sebelum ia lahir. Sejarah juga berperan besar dalam membentuk kehidupan manusia selanjutnya.

About author

No comments

Kilas Balik 2014 pt.2

Untuk melanjutkan mengenang kembali ada kejadian apa di tahun 2014, kali ini mari kita teruskan mengulas ulang kejadian yang terjadi di tengah kedua tahun ini! ...