Art

Tips Mengatasi Kreativitas yang Terhambat pt.2

0

creativeblock_12

Menyambung artikel sebelumnya tentang pemblokiran kreativitas yang disarikan dari buku “Creative Block” karya Danielle Krysa, kali ini Kopling ingin berbagi tips lainnya. Tips yang sebelumnya sudah dipraktekkan belum, ngomong-ngomong?

“[I find inspiration] at hardware stores, building sites, empty rooms, other people’s messes, in good design, conversations, and the time right before I fall asleep.”
– Alyson Fox, desainer

Hari ini, atau kemarin, atau akhir pekan yang lalu, apa yang kamu lakukan dan kamu bertemu dengan siapa saja? Apa yang kalian perbincangkan? Jangan pernah menganggap remeh apa pun, karena apa pun dan siapa pun bisa menjadi sumber inspirasi untuk karya yang sedang kita garap atau karya berikutnya.

“Once my studio was all set up, I really wanted to be in that room. It only seemed natural to start working again if I was sitting at a new desk.”
– Julia Rothman

Seniman nggak harus identik dengan hal-hal yang “semau gue”. Ketika meja dan ruang kerja kita bersih dan rapi, tentunya kita akan semakin betah bekerja dan berkarya. Tempat yang berantakan akan membuat pikiran kita ikut kusut. Jangan malas untuk merapikan tempat kerjamu setiap selesai bekerja.

“Sometimes it’s hard to see what’s wrong, what needs to change. That’s when turning the painting upside down, or looking at it in a mirror, is a good trick.”
– Camilla Engman, ilustrator

Cari sudut pandang yang berbeda. Misalnya kamu biasa melukis dari arah depan sebuah objek, berpindahlah ke arah samping. Bisa jadi kamu akan melihat hal lain yang nggak kamu lihat sebelumnya. Atau kalau kamu seorang penulis yang sedang menulis novel percintaan, ulik cerita yang sedang kamu garap dari sudut yang (mungkin) belum pernah digarap orang lain sebelumnya.

“When I can’t act on a sudden burst of inspiration, I feel a little like I’ve held in a sneeze.”
– Hollie Chastain, seniman kolase

Membuat rencana dan mematuhinya itu baik, tapi ada kalanya spontanitas juga dibutuhkan. Jangan pernah ragu untuk mengikuti kata hatimu pada saat tertentu, dan lakukan sesuatu secara impulsif! Tantangan yang menarik justru datangnya dari petualangan yang tanpa rencana…

“I try to remain open to taking risks in my work because I know failure can often lead to something amazing.”
– Shannon Rankin, seniman

Kegagalan adalah sukses yang tertunda, bahkan kadang kala kegagalan bisa menjadi sesuatu yang baru. Jadi jangan pernah takut untuk mengambil risiko. Bukankah apa pun yang kita lakukan dan semua keputusan yang kita ambil memang harus dibayar dengan risiko?

“In my own practice not every beginning is going to be a finished work.”
– Emily Barletta

Kadang kala kita nggak bisa menyelesaikan sesuatu karena memang prosesnya terhenti begitu saja. Jangan menunggu, tapi buatlah karya lainnya. Karena kalau kita terus menunggu, kreatitivas kita akan ikut terhenti. Kalau kamu merasa bahwa karya itu memang harus dibuat lagi dari awal, jangan ragu untuk menghancurkannya dan memulainya lagi dari awal. Bukankah sesuatu yang indah itu seringkali dilahirkan ketika yang lama sudah lebih dulu dihancurkan?

Selamat berkarya, dan teruslah menjadi kreatif!

No comments

Restu Ratnaningtyas

Restu Ratnaningtyas adalah seniman dan ilustrator asal Tangerang yang kini bekerja di Yogyakarta. Restu sempat mengambil kuliah di Universitas Negeri Jakarta jurusan seni rupa, tapi ...