Art

Terapi Gambar ala Kopling

5

Dari semenjak acara Kopi Keliling dimulai, cukup sering terdengar orang berpendapat atau bertanya “Kopi dan seni apa hubungannya sih?”. Ada beberapa penjelasan untuk pertanyaan itu. Cuma kali ini kami akan mencoba membahas dari sudut pandang: Seni, kreativitas, dan Kopi sebagai terapi untuk mengurangi stres.

Seni dan kreativitas

Kita semua bisa mengambil keuntungan dari seni untuk mengekspresikan sisi kreatif dan kemampuan menggambar untuk mengurangi tingkat stres dan mengenal diri kita sendiri (innermost thoughts). Pada saat kita kecil tindakan ini datang secara instingtif. Secara tidak disadari anak kecil melakukan banyak kegiatan seni seperti: memahat/mematung (dengan mainan lilin), melukis (dengan jari), atau menggambar (dengan krayon, pensil warna, dan lainnya). Namun beranjak dewasa, kita kerap melupakan kebiasaan corat-coret di pinggiran buku, kertas, atau bahkan tissue di waktu senggang seperti halnya yang selalu kita lakukan pada saat kecil.

Kegiatan menggambar dan menciptakan karya (seni) dapat membantu kita mengurangi tingkat stres dengan berbagai cara. Antara lain:

1. Pengalihan (distraction): Menggambar, corat coret (doodling) dapat mengalihkan pikiran kita dari hal-hal yang membuat kita stres. Walau hanya dapat bertahan beberapa menit saja, setelah kita selesai ‘tenggelam’ dalam gambar, pikiran kita akan lebih jernih sehingga dapat kembali digunakan dalam mengatasi masalah.

2. Masih ada hubungannya dengan poin 1, saat kita ‘tenggelam’ dalam gambar, diri kita masuk ke dalam kondisi setara dengan meditasi.

3. Keseimbangan (balance): Mempunyai hobi dapat membuat hidup kita seimbang. Dengan segala macam kegiatan, tanggung jawab, dalam rutinitas hidup, kadang kita melupakan bahwa kita butuh waktu untuk menyenangkan diri kita sendiri. Kerennya “Me Time”. Mengambil beberapa menit dari waktu kita untuk melakukan kegiatan hobi sangat membantu dalam menjaga keseimbangan hidup. Bedanya menggambar dengan hobi yang lain, kegiatan menggambar realtif lebih murah daripada hobi yang lain. Hanya dengan pensil dan kertas saja sudah cukup. Dan serunya lagi setelah selesai, kita mempunyai karya seni sendiri yang dapat kita pamerkan ke orang lain.

Tips:

1. Beli sebuah buku untuk dijadikan ‘buku harian gambar’.

2. Gambar sesuatu atau hal-hal yang terjadi setiap harinya.

3. Selain gambar bebas, sisipkan halaman untuk ‘gambar mimpi’. Disana kita dapat menggambarkan mimpi atau angan-angan kita dalam bentuk visual. Selain mengurangi stres, hal ini dapat membantu memvisualisasikan mimpi kita tersebut. (Contoh: Ingin punya rumah idaman, gambarkan seperti apa bentuk rumah idaman itu. Mulai dari bentuknya, pintunya, halamannya, dst)

4. Gambar sesuatu yang indah, atau penting dalam hidup kita. Misalnya untuk yang jomblo, gambarkan wajah sang idola kita dalam sketchbook. Walau tidak dapat aslinya, setidaknya dapat gambarnya.

Kopi

Fungsi kopi bagi kesehatan manusia masih banyak diperdebatkan. Ada yang bilang kopi itu dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, ada juga yang bilang sebaliknya. Namun kami melihatnya dari sisi yang simpel saja. Selama dikonsumsi dalam tingkat yang wajar, kopi dapat membantu kita dengan berbagai cara, antara lain:

1. Kafein yang terkandung dalam kopi yang dibuat secara baik dapat berinteraksi dengan beragam zat kimia di otak yang berguna untuk membangkitkan mood  kita.

2. Selain itu kopi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kita untuk memahami sesuatu.

3. Kopi sudah menjadi alat bersosialisasi sejak lama. Secara tidak disadari ketika kita mengonsumsi kopi akan tercipta suasana nyaman yang familiar, sama seperti sedang kumpul dengan teman di café.

4. Aroma kopi, seperti halnya perasaan ketika kita masuk sebuah café, dapat menciptakan rasa nyaman dan senang.

Kesimpulannya? Ada baiknya kita semua melakukan beberapa hal yang telah disebut diatas sebagai kegiatan rutin. Menggambar dan menikmati secangkir kopi mempunyai pengaruh yang sangat besar secara tidak disadari. Melakukan kedua hal tersebut dalam waktu yang bersamaan tentunya akan menghasilkan dampak yang lebih besar.

Jadi, selamat gambar dan ‘ngopi’.

About author

5 comments

  1. Fabianus Bayu 10 May, 2012 at 11:33 Reply

    setuju sekali dengan tulisan di atas …x_v

    *dan sebenarnya banyak sekali efek2 kopi yang bikin sehat, seperti mencegah kanker kolon dan juga memiliki antioksidan yang cukup tinggi (menurut tulisan yang pernah saya baca loh)

Post a new comment