Art

Catalyst Art Shop: Kolaborasi Lintas Batas

0

Setelah tiga tahun ke belakang berkeliling memamerkan ilustrasi dari satu tempat ke tempat yang lain, akhirnya di tahun 2014 ini orang-orang yang berada di balik Kopi Keliling berhasil mempunyai sebuah ruang sendiri untuk berkreasi! Yeay! Selama ini memang Kopling cukup merasakan ada keterbatasan ketika membuat suatu kegiatan. Rasanya kurang bisa maksimal, dan Ini wajar, karena saat peruntukkan ruang tersebut memang bukan khusus untuk melakukan kegiatan yang diinginkan Kopling, secara otomatis Kopling juga harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan.

Berangkat dari keresahan untuk bisa menyalurkan semua ide dan gagasan yang selama ini dilakukan di dalam satu wadah tanpa perlu mempertimbangkan batasan-batasan yang selama ini ada, Kopling merasa memang sudah saatnya untuk memiliki sebuah ruang di mana seluruh program dapat terintegrasi menjadi satu.

Setiap program yang diadakan oleh Kopling memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Misalnya, program pameran reguler (#volume)  untuk mengangkat nama-nama seniman/ilustrator lokal, program Art Market yang memamerkan produk seniman/ilustrator dalam bentuk karya dan merchandise untuk menciptakan apresiasi dalam bentuk jual beli dan koleksi, program sharing dan diskusi di mana setiap pihak dapat melepaskan atribut masing-masing dan menjadi netral, serta program bagi para pencinta kopi untuk bereksperimen dengan bebas.

 

Pembukaan pameran Time Capsule menjadi tanda peresmian berdirinya Catalyst Art Shop

Keempat program di atas dilebur menjadi satu ke dalam sebuah ruang bernama Catalyst Art Shop yang akhirnya resmi dibuka pada awal September 2014 ini. Sesuai dengan namanya, ruang yang menjadi perpanjangan proyek dari Kopi Keliling ini memang bertujuan untuk menjadi pemicu terjadinya reaksi kimia antara dua atau lebih substansi. Di ruangan ini, diharapkan segala batasan yang muncul saat pengalaman berpameran dan mengadakan acara yang lalu-lalu dapat hilang sehingga memudahkan proses komunikasi seni ke masyarakat yang lebih luas.

Sehari-hari, Catalyst Art Shop berperan sebagai wadah bagi para ilustrator/seniman muda yang memiliki produk dalam bentuk karya seni maupun merchandise dan ingin produknya dapat dikoleksi oleh lebih banyak orang lagi. Tidak terbatas pada seni visual, Catalyst Art Shop juga menyediakan buku-buku bertema menarik hasil kerja sama dengan beberapa penerbit lokal.

Hampir setiap minggunya, Catalyst Art Shop juga berupaya untuk menjadi ruang workshop dan diskusi kecil bagi siapapun yang ingin menyebarkan gagasannya kepada orang lain. Sebagai ruang inisiatif, Catalyst Art Shop selalu mendorong orang-orang kreatif dari berbagai bidang untuk berbagi pengetahuan dan menyalurkan keahliannya kepada orang lain.

Selain itu, Catalyst Art Shop, melalui Catalyst Arts, juga menjadi tempat “latihan” bagi para ilustrator/seniman muda yang ingin berpameran tunggal. Di ruangan mungil seluas hampir 4×8 meter ini, mereka diajak untuk mengeksplorasi karya melalui proyek mini showcase agar persiapan mereka untuk pameran tunggal yang sebenarnya di kemudian hari menjadi semakin matang.

Di samping seni, kopi juga selalu menjadi ciri khas dari nafas dan visi misi Kopi Keliling. Karena itu, di dalam Catalyst Art Shop juga dihadirkan sebuah gagasan bernama Coffee On Wheels (C/O/W), dalam bentuk sebuah pop up coffee bar yang diharapkan dapat menjadi ruang eksperimen yang menarik bagi para pencinta kopi.

Terus, Kopi Keliling udah nggak keliling lagi dong?? Ada beberapa yang pernah bertanya seperti itu ke Kopling. Jawabannya tentu saja: MASIH dong! Kopi Keliling akan terus berkeliling dengan membawa visi misi memperkenalkan seni dan kopi lokal ke masyarakat, sementara Catalyst Art Shop (secara terpisah namun masih berkaitan) akan menjadi pemicu terciptanya ide-ide kreatif dan kolaborasi dengan banyak penggerak dan penikmat dari berbagai bidang.

Jadi, buat kamu para penikmat karya seni maupun para ilustrator/seniman yang ingin berkolaborasi atau berkarya lebih banyak lagi, langsung intip aja yuk ke sini:

Catalyst Art Shop
Jl Kemang Utara No 50
Jakarta Selatan
Website: catalystartshop.com
Email: hello@catalystartshop.com
Twitter: @catalystartshop
Instagram: catalyst_arts

Coffee On Wheels (C/O/W)
Website: coffeeonwheels.tumblr.com
Email: onwheels.coffee@gmail.com
Twitter: @Coffee_OnWheels
Instagram: coffeeonwheels

About author

No comments