Art

Pola-pola Geometri Berikan Keindahan Bangunan Terbengkalai

0

Kalau banyak orang fokus untuk mengkaryakan dinding ketika melihat bangunan terbengkalai, seniman Spanyol Javier de Riba justru memilih untuk berkarya di lantai. Lewat sebuah proyek yang ia namakan Floors, de Riba mengulik kembali akar budaya Catalonia dengan menggambar pola-pola yang biasanya terdapat di rumah-rumah di wilayah Catalonia di lantai bangunan terbengkalai yang ia temukan di sekitar Barcelona.

Pola-pola yang ia buat memberikan warna dan keindahan tersendiri di bangunan terbengkalai ini. Ia menciptakan berbagai macam bentuk geometri yang menyerupai bunga menggunakan stensil dan spray paint yang sebenarnya jadi mengingatkan Kopling akan Tegel Kunci di Jogja. Nama proyek Floors ini juga terinspirasi dari tiga hal. Pertama, tentu saja, karena de Riba mengaplikasikan karyanya di lantai. Kedua, karena bunga dan tanaman biasanya bermunculan di sisi-sisi lantai yang terbengkalai. Ketiga, karena “flors” merupakan bahasa Catalonia yang berarti “bunga”.

javier-de-riba-floors-spray-paint2

javier-de-riba-floors-spray-paint1

cof

cof

Keindahan bunga-bunga berpola geometri yang ditanam de Riba di lantai-lantai ini membuat bangunan terbengkalai ini kembali hidup dan menarik perhatian orang. Karya-karya de Riba kini nggak hanya bisa dilihat di bangunan terbengkalai, tapi juga di lantai-lantai galeri seni. Simak video berikut untuk melihat proses kerja de Riba.

 

Info lengkap Javier de Riba: website | instagram | twitter

About author

No comments