Art

Pameran Spray Painting yang Magis

0

“Sprayed”, sebuah pameran yang baru saja berlangsung di Gagosian Gallery di London, adalah pameran berbeda menggunakan spray paint dan tidak dirayakan dengan cara yang sama. Bukan seperti Banksy, spray-painted dikerjakan di atas kanvas, dinding, badan mobil, dan apapun yang tersedia di sini.

Pameran ini melibatkan beberapa nama besar seperti Andy Warhol, Paul Klee, Anish Kapoor, dan Jeff Koons. Dikuratori oleh Jona Lueddeckens dan Greg Bergner. Tapi, Jona Lueddeckens dan Greg Bergner sebagai kurator mengatakan bahwa nama-nama besar dalam dunia seni bukan sekadar mengisi begitu saja tapi mereka menghasilkan karya yang magis pula.

source: solaris100.com

source: solaris100.com

Pameran ini adalah campuran kisah historis dari penggunaan pilox atau sprayer. Paul Klee mengatakan bahwa dirinya telah menciptakan efek semprot pada tahun 1929. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, seniman David Ostrowski menggunakan dinding bangunan sebagai media semprotnya yang ia hasilkan dari percobaannya sendiri.

Berbagai seniman yang mengisi pada pameran ini mengaku sangat antusias, tidak hanya dari seniman muda tapi juga seniman yang sudah dikenal sejak lama. Ada beragam media yang digunakan dalam pameran ini, seperti hiasan dinding bahkan crayon, tapi paling utama ialah spray painting. Karena spray painting ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Mungkin karena hal inilah banyak seniman sangat tertarik untuk berpartisipasi dalam pameran.

source: @gagosianlondon

source: @gagosianlondon

Sejarah panjang pilox

Penggunaan semprotan (pilox) dapat dilihat kembali ke zaman dulu saat pelukis gua yang meledakkan pigmen melalui tulang berongga, menggunakan tangan mereka sebagai stensil.

Sedangkan, pilox itu sendiri diciptakan pada tahun 1949 dan dalam beberapa tahun, seniman menggunakan pilox untuk bereksperimen dengan media yang tidak memiliki hubungan dengan seni di masa lalu – hal ini memberi mereka kebebasan.

Kebebasan ini menurut Luedeckens membuat imajinasi seniman seperti David Smith dan John Latham memproduksi pilok untuk melukis. Jika kamu datang ke pameran ini dan berkeliling melihat karya-karyanya, kamu pasti akan lupa kalau ini pameran tentang spray painted. Karena medium yang dijadikan objek semprot sangat beragam.

source: http://www.artlyst.com/

source: http://www.artlyst.com/

Kamu bisa lihat hampir keseluruhan karya yang dipamerkan di situs museumnya di http://www.gagosian.com/exhibitions/sprayed–june-11-2015/exhibition-artists.

Selamat menikmati!

About author

No comments

The Ephemeral Art

“If you don’t take take to stop and listen, then that moment is not grasped but gone forever.” ~Richard Shilling.   Sebelum manusia bisa menciptakan ...