Art

Pameran Seni Dunia yang Wajib Dikunjungi

0

Dengan semakin berkembangnya skena seni kontemporer dan semakin menginternasional setiap tahunnya, tampaknya pekan seni global baru pun bermunculan setiap musimnya. Tapi kuantitas tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Oleh karenanya Fodor’s Travel telah memilih pekan seni terbaik yang diselenggarakan di berbagai sudut bumi. Terlepas apakah anda seorang kolektor besar atau hanya sekedar penasaran untuk melihat hasil seni terbaik dari seluruh dunia, pameran-pameran ini layak untuk dikunjungi tahun ini.

Art Basel

Art Basel in Basel 2014

Art Basel

Kapan: Juni

Merupakan keju (Swiss) besar dari pameran seni kontemporer dunia, Art Basel pertama kali berlangsung di tahun 1974, menyusul pameran seni yang pertama kali diadakan, Art Cologne. Sekarang ini Art Basel telah menggelembung menjadi sebuah extravaganza internasional dengan dua pameran pendukung, Art Basel Miami Beach yang dimulai tahun 2002, dan Art Basel Hong Kong yang lahir di tahun 2011. Tiga acara  ini bukan melulu hanya pameran seni mahal dan berkelas tinggi – anda bahkan bisa membeli karya-kaya asli Picasso atau Warhol misalnya, tentunya jika dompet mendukung untuk itu – akan tetapi juga merupakan ajang beredarnya banyak selebriti terkemuka yang menyebabkan Art Basel menjadi semakin terdepan: Jay-Z dan Beyoncé, Leonardo DiCaprio, Michael Douglas dan Catherine Zeta-Jones, P. Diddy, Martha Stewart, dan  Pharrell merupakan para veteran  Art Basel.

Frieze London

Frieze New York

Frieze London

Kapan: Oktober

Frieze London merupakan pameran seni besar pertama yang berlangsung di Inggris. Frieze London dimulai di tahun 2003 oleh para penerbit dari majalah frieze, Amanda Sharp dan Matthew Slotover. Berlokasi di taman Regent, Frieze menampilkan tiga seksi: Galleries yang merupakan menu utama, Focus (menonjolkan seniman muda), dan Live (dimana “ karya partisipatif” diletakkan dalam “konteks pameran seni”). Frieze New York, yang merupakan sebuah pameran satelit, diluncurkan pada tahun 2011 di sebuah paviliun yang terdapat di pulau Randall. Di kedua lokasi pameran ini, serangkaian proyek seni patung ditampilkan setiap tahunnya. Dan tahun 2012 merupakan tahun debut untuk Frieze Masters, yang memberikan setiap galeri yang terlibat untuk menampilkan karya seni yang dikerjaakan sebelum tahun 2000 yang terhubung dengan Frieze London.

Artissima

ARTISSIMA

Artissima

Kapan: November

Setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada tahun 2013 , ARTISSIMA menjadi salah satu pameran seni tertua di Eropa.  Meskipun cenderung mendukung galeri dan institusi yang berasal dari Uni Eropa dan Inggris, namun ada juga program yang berasal dari Brazil, Cina, Israel,  Jepang , Rusia, dan Amerika Serikat. Selama lima tahun terakhir, ARTISSIMA telah diadakan di The Oval di  kota Turin ( yang merupakan salah satu tempat diadakannya Olimpiade Musim Dingin 2006), dengan lima seksi berlangsung di venue tersebut, dan proyek-proyek lain yang berlokasi di insititusi publik ataupun pribadi  di daerah sekitarnya,  seperti Museo d’ Arte Contemporanea di kota Castello di Rivoli.

FIAC

FIAC art fair

FIAC

Kapan: Oktober

Diluncurkan pada tahun 1974 (tahun yang sama dengan Art Basel ) FIAC (Foire Internationale d’Art Contemporain) berlangsung di lokasi-lokasi nan  glamor, Grand Palais, Tuileries, dan Jardin des Plantes. Pembukaan FIAC Los Angeles akan diadakan pada bulan Maret 2015 mendatang dan kemungkinan akan menjadi pameran seni berskala global pertama yang benar-benat prestesius yang pernah berlangsung di Kota Para Malaikat tersebut.

NADA

5. NADA

NADA

Kapan: Desember

NADA merupakan surga hipster di sirkuit pameran seni dan wadah global bagi para kurator, kritikus, dan kolektor mencari “hal besar berikutnya” dalam lingkup seni rupa kontemporer. Kumpulan seniman, galeri, lembaga, dan kerja kolaboratif nirlaba ini memang telah bercabang di kota New York, Cologne, dan Hudson, namun untuk pertama kali diluncurkan di kota Miami di tahun 2003. Dalam konteks seni kontemporer yang terdepan dan berbudaya, NADA membanggakan dirinya karena gratis meski untuk dapat masuk, maka galeri-galeri muda harus berkompetisi dengan sengit.

 

About author

No comments

20 Seniman Terkenal dan Studionya  

Rumah adalah tempat kembali yang nyaman. Tempat lahirnya ide-ide, meracik harapan, dan membuat karya besar. Bagi para seniman, rumah kedua dari rumah mereka sebenarnya adalah ...