Art

Melukis Potret Dari Bahan Organik

0

Ngomongin ilusi optikal itu artinya ngomongin hal yang mencengangkan. Sebenernya, ilusi optikal ini udah lama ada, lama sebelum kita-kita kenal DeviantART atau Reddit, karena ada seorang pelukis Italia, Giuseppe Arcimboldo namanya, yang punya standar sendiri untuk potret yang bergaya halusinasi ini yang mengganggu pikiran penikmat karyanya.

o-GIUSEPPE-ARCIMBOLDO-570

Arcimboldo lahir di Milan pada tahun 1954 dan memulai karirnya dengan melukisi jendela kaca. Dia dapat membuat sebuah lukisan potret wajah manusia yang komposisinya terdiri dari sayuran, buah-buahan, burung-burung, buku-buku, dan lain-lain. Saking kreatifnya, banyak orang yang mengira bahwa si Arcimboldo ini pasti seniman nyentrik yang sakit jiwa, seperti yang pernah ditulis oleh New York Times pada tahun 2007 ketika mendiagnosa karyanya. Tapi tak ayal, Giuseppe Arcimboldo ini diakui sebagai pelukis ilusi optikal terbaik di era renaisans.

Lukisan bahan organik

Empat ratus tahun kemudian, tepatnya tahun ini, muncul seorang seniman dari New York yang bernama Klaus Enrique yang punya ide yang sama. Dia juga membuat karya seni dari berbagai elemen organik, seperti daun yang kering atau kulit telur. Klaus mengaku bahwa sebenarnya dia sangat kecewa bahwa seseorang yang lain, Arcimboldo, ternyata sudah “mencuri” idenya sejak lama, tapi ia tak ayal memberi judul karyanya “Arcimboldo Series”. Berbeda dengan pendahulunya, Klaus tidak melukis tapi menyusun objeknya dari materi yang sebenarnya kemudian memotretnya. Dan hasilnya? Tidak kalah mencengangkannya dengan karya Arcimboldo!

Klaus lahir pada tahun 1975 dan tumbuh besar di Mexico, sebelum akhirnya dia mempelajari ilmu genetik di University of Nottingham, Inggris, lalu melanjutkan kuliahnya di Columbia Business School di New York City. Dia pun lalu “berkhianat” dengan menjadi seorang fotografer dan mulai dikenal dunia ketika pada tahun 2007 karyanya yang berjudul “Mother & Daughter” masuk ke dalam daftar Photographic Portrait Prize di London’s National Portrait Gallery.

Moral dari artikel ini adalah, sebenarnya tidak ada ide yang baru di dunia. Semua ide sekreatif apapun pasti sudah ada yang pernah menggunakannya. Sebagai orang kreatif, yang terpenting adalah bagaimana kita mendaur ulang ide tersebut – dan kalau bisa, jadikan lebih baik dari karya sang pendahulu.  Apapun karya kreatifmu, baik penulis maupun pelukis, buatlah karya sekreatif mungkin.

Orang sudah banyak yang pernah menulis cerita tentang patah hati, tapi caranya tentu berbeda-beda. Banyak orang yang pernah melukis bunga matahari, tapi di tanganmu bisa jadi kesan dan pesan yang hadir bisa berbeda. Semua itu tergantung bagaimana kamu mengolahnya.

Sumber foto: Wikipedia dan beberapa sumber lainnya

No comments