Art

Ketika Para Hewan Berkesenian

0

Selamat hari Minggu, teman-teman! Di akhir pekan yang santai ini, kayaknya seru kalau kita menengok karya seni unik yang memanjakan mata sambil menyeruput kopi kesayangan. Kali ini, Kopling ingin ngenalin kamu ke seniman-seniman menggemaskan dengan karya-karya uniknya. Meskipun seniman-seniman lucu ini ‘berbeda’ dengan kita, namun karya-karya yang mereka ciptakan ternyata benar-benar luar biasa dan memiliki nilai seni yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa karya seni itu memang sifatnya universal, nggak mengenal waktu, tempat, ras, bahkan spesies. Yap, seniman-seniman yang mau Kopling kenalin ini memang bukan manusia. Kenalan dulu yuk sama mereka!

Finger Painting – Koopa the Box Turtle

 Koopa the Box Turtle (sumber: viola.bz)

Meskipun ia nggak tergabung bersama ‘geng’ kura-kura ninja bersama Leonardo, Donatello, Michaelangelo, dan Raphael, Koopa si kura-kura ini ternyata adalah seorang seniman handal. Ia menciptakan banyak sekali karya lukisan di atas kanvas dengan jari-jarinya selama lima tahun karirnya sebagai pelukis. Saat ia pensiun, ia telah berhasil mengumpulkan lebih dari $10.000.

Gossamer Trees – Laba-laba dan Serangga Penghasil Sutra di Pakistan

Gossamer Trees (sumber: circlepost.com)

Pada tahun 2010, banjir besar terjadi di Pakistan. Bencana ini memaksa banyak laba-laba dan serangga-serangga penghasil sutra harus mencari pengungsian di pohon. Akibatnya sebuah fenomena alam yang artistik terjadi di mana pohon-pohon terbungkus jaring dengan unik dan memberikan kesan yang misterius.

 Caddisfly Jewelry – Hubert Dupart’s Caddisfly Larvae

Caddisfly Jewelry (sumber: ecouterre.com)

Larva-larva caddisfly secara umum memang mengalami satu fase hidup di mana mereka akan membangun kepompong dari sutra dengan campuran kerikil, ranting, dan pasir yang akan melindungi tubuh mereka. Namun berbeda dengan rekan-rekannya, Hubert Duprat’s caddisfly larvae ternyata memiliki selera dan bakat seni yang jauh lebih sophisticated. Memilih permata dan logam mulia seperti bubuk emas, mutiara, rubi, dan safir, untuk membungkus tubuhnya, Dupart tampak cantik dan menawan, menghasilkan karya seni yang benar-benar luar biasa!

Scrape – Caspian Terns

Scrape (sumber: neatorama.com)

Sarang adalah tempat tinggal, tempat istirahat sejenak ketika mereka lelah terbang, dan yang terpenting tempat mereka meletakkan dan merawat telur-telur mereka. Seperti halnya rumah, ternyata burung-burung memiliki seleranya sendiri. Salah satu sarang burung yang menarik adalah sarang dari Caspian terms yang membangun sarang yang lebih dikenal dengan nama “scrape”, menggabungkan kulit kerang, batu, dan vegetasi lainnya. Warna-warni dengan komposisi yang cantik, kan.

Kastil dan Patung – Rayap

Kastil dan Patung (sumber: iaincarstairs.wordpress.com)

Gambar di atas ini bukanlah kastil atau patung karya pahatan seorang seniman, melainkan karya dari ribuan rayap. Rumah rayap memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun biasanya memiliki desain yang dipengaruhi oleh cuaca. Dengan kerja sama yang solid, terkadang pasukan rayap ini berhasil menciptakan rumah dengan bentuk yang benar-benar menakjubkan.

 

Unik-unik, kan karya dari seniman ini? Kalau mereka saja bisa, apalagi kamu! Jangan mau kalah, yuk sama hewan-hewan kreatif dan nyeni ini!

No comments