Art

Antara Da Vinci dan Michelangelo

1

Leonardo-and-Michelangelo-001

Manusia nggak ada yang suka dibanding-bandingkan, tapi biar gimanapun, kita selalu membanding-bandingkan orang yang satu dengan orang yang lainnya. Sadar, atau nggak sadar.

Nah, ada satu cerita nih tentang Leonardo da Vinci dan Michelangelo. Ceritanya begini:

Pada suatu hari, Da Vinci melewati Piazza Santa Trinita di kota Florence. Beberapa orang saat itu sedang berdebat tentang Dante di depan istana keluarga Spini. Mereka lalu memanggil Da Vinci dan memintanya untuk menjelaskan tentang sebuah kalimat yang ditulis Dante. Saat itu juga, Michelangelo lewat juga. Da Vinci lalu malah mengalihkan pertanyaan itu ke Michelangelo, dan Michelangelo bilang, “Seharusnya Anda yang menerangkan kepada mereka.” Da Vinci langsung mukanya merah, dan pergi meninggalkan tempat itu.

michelangelo-david

Micheangelo berhasil menyentuh sisi sensitif dari Da Vinci yang memang terkenal sering gagal dalam menyelesaikan karyanya. Ini bukan perseteruan mereka satu-satunya, karena pada tahun 1504 saat patung David karya Michelangelo terpasang dengan megahnya di pusat kota Florence, keduanya lalu rebutan proyek pemerintah yang berupa mural ukuran raksasa yang rencananya akan dibuat di Palazzo Vecchio. Pemenangnya? Michelangelo.

Di usia ke-31, Michelangelo ada di puncak karirnya, sampai-sampai mendapat surat resmi dari pemerintah Florence ketika itu yang isinya mengatakan bahwa dirinya adalah seniman terbesar di Italia, dan mungkin di seluruh dunia. Tentunya surat ini adalah surat yang makin mengangkat gengsi Michelangelo dong. Bukan hanya pemerintah setempat, tapi teman-temannya juga mengakui bahwa Micheangelo adalah seniman terbesar yang pernah ada – meskipun di akhir hidupnya, Michelangelo mengalami masa-masa yang gelap dan pahit akibat persaingan yang keji dengan sesama seniman lainnya.

Persaingan dalam dunia seni itu sama kejamnya ternyata seperti yang terjadi di dunia politik. Kebanyakan penyebabnya adalah kritik-kritik dari orang lain dan faktor sosial lainnya, belum lagi kontes-kontes yang diadakan. Yang menang tentu merasa yang paling hebat, padahal bisa jadi itu semata-mata karena selera jurinya aja.

Ada satu rahasia Michleangelo yang sebenernya ingin terus dia simpan. Michelangelo selalu bilang bahwa dia nggak pernah belajar melukis dari siapapun, padahal waktu mudanya dia pernah belajar melukis pada seorang pelukis yang bernama Domenico Ghirlandaio. Hmmm… segitu besarnyakah gengsinya, sampai dia nggak mau mengakui orang yang berjasa dalam hidupnya?

Sebenarnya, Da Vinci dan Michelangelo itu dulunya hidup berdamai. Mereka mulai ribut ketika Michelangelo mulai “mencuri” gaya Da Vinci melukis. Da Vinci mengetahui hal ini dari kepala sekolahnya Michelangelo yang bernama Francesco, tapi tentunya Michelangelo nggak mau ngaku…

Michelangelo dan Da Vinci sebenarnya dua orang yang sangat berbeda. Da Vinci itu konon orang yang keren banget dan kalo pake baju juga oke. Sementara, Michelangelo itu hidungnya bengkok karena pernah patah, terkenal judes, dan juga hidupnya penuh rahasia. Mungkin itu juga sih yang bikin sirik Micheangelo, karena keduanya sama-sama penyuka brondong-brondong ganteng.

n_22079_4

Karena banyak kelebihan inilah, banyak yang iri sama Da Vinci. Musuhnya bukan cuma Michelangelo, tapi masih banyak seniman lainnya. Salah satunya adalah Raphael, yang sayangnya, jauh lebih muda dan lebih berpendidikan… Otomatis, Raphael ini juga membuat Michelangelo juga ikutan insecure.

Persaingan antar seniman itu, sampai hari ini, bukan hanya tentang karya siapa yang lebih bagus dan mana yang lebih banyak disukai, tapi juga masalah ego. Menyedihkan ya? Tapi memang itulah yang terjadi… Siapa yang lebih sombong, dia yang lebih memang – setidaknya secara emosional.

Sumber gambar: hurriyetdailynews.com dan beberapa sumber lainnya.

1 comment

Post a new comment