Art

Ketika Banksy Mendesain Sebuah Art Hotel…

0

Apa yang terjadi ketika Banksy mendesain hotel? Penuh dengan pernyataan politis, pastinya. Street artist yang satu ini baru saja menyelesaikan proyek terbarunya, “Walled Off Hotel”, di mana ia mendesain ulang sebuah hotel tua di Bethlehem, yang lokasinya hanya beberapa langkah dari dinding yang memisahkan Tepi Barat Israel dan Palestina.

Dengan gaya khas Banksy, setiap kamar berisi karya-karya tentang konflik antara Israel dan Palestina. Hotel ini dibangun dengan gaya klub kolonial, dilengkapi dengan sofa kulit, dan berdiri dbalik bayang-bayang dinding pemisah yang dianggap ilegal untuk banyak komunitas internasional. Seluruh kamarnya dibuat menghadap ke dinding pemisah dan di lantai atas tamu bisa melihat menara pengawas Israel. Konon, Walled Off Hotel dibuat dengan sangat diam-diam selama 14 bulan sampai-sampai para pejabat Palestina pun terkejut ketika hotel ini tiba-tiba dibuka hari Jumat lalu.

Walled Off Hotel mencoba untuk memahami kehidupan rakyat Palestina yang tinggal di balik dinding pemisah tersebut.


Featured image dan foto: thedailybeast.com

 

About author

No comments

5 Tradisi Paskah Yang Tak Biasa

Paskah mungkin merupakan bagian peringatan keagamaan. Dalam perkembangannya ia juga menjadi tradisi tahunan yang dirayakan dengan cukup meriah. Beberapa hal yang menjadi bagian awam tradisi ...