Art

Keramik Berbentuk Ilustrasi? Ilustrasi Berbentuk Keramik?

0

Ada yang unik dari ukiran keramik yang dilakukan oleh Katharine Morling. Dari gambar, Kopling sulit percaya kalau itu adalah keramik. Karya tersebut dari kejauhan nampak seperti kertas yang dibentuk menyerupai benda-benda tertentu.

Katharine Morling memang seorang ceramicist. Memahat telah menjadi kegiatan sehari-harinya. Sering ia buat pahatan dari tanah liat untuk membuat bentuk yang ciamik dengan model 3D. ya, seperti apa yang ada di gambar. Awalnya, ia mendesain bentuk ukirannya di kertas menggunakan underglaze pen, mengubahnya menjadi bentuk tiga dimensi, dan melakukan penggambaran yang diinginkan.

tumblr_nqwg0lmZqV1r0i205o6_1280

Kamu bisa melihat karya ukiran Katharine berupa tali ukur, mesin jahit, dan kotak korek api. Kalau kita lihat, hasilnya seolah menggunakan filter cartoonish seperti yang terdapat pada filter photo editing, hasilnya berkarakter dan surreal.

Morling mengaku karyanya ini adalah hasil narasi, intuisi, dan perwujudan emosi yang ia rasakan sebelumnya. Wah, Morling sangat filosofis sekali, ya?

“Setiap bagian yang terbentuk telah diberi lapisan emosi dan tertanam cerita. Oleh karena itu ketika kamu melihatnya, kamu akan memiliki interpretasi sendiri,” katanya pada satu wawancara.

tumblr_nqwg0lmZqV1r0i205o2_1280

tumblr_nqwg0lmZqV1r0i205o5_1280

tumblr_nqwg0lmZqV1r0i205o7_1280

tumblr_nqwg0lmZqV1r0i205o9_1280

 

 

Sebelumnya dalam wawancara pada majalah ELLE Decoration, Morling menjelaskan cara membuat karyanya. Ia mulai dengan satu menit sketsa, lalu membentuknya ke dalam tanah liat. Ia juga menggunakan bantuin semacam pulpen untuk menggambar di atas karyanya agar lebih menyerupai bentuk yang ditirukan dan membuatnya model 3D. melalui karyanya, ia percaya bahwa bisa berkomunikasi dengan media yang ia pakai. Karena pencariannya selama ini tidak pernah selesai, setiap karyanya adalah perjalanan untuk menjawab pencarian-pencarian dan pertanyaan-pertanyaannya selama ini.

KATHARINE-MORLING_0017-72dpi_1

tumblr_nqwg0lmZqV1r0i205o4_1280

sumber foto: beautifuldecay.com

Nampak sulit, ya? Atau kamu masih tidak percaya kalau ini keramik?

Silakan simak video ini:

About author

No comments

Coffee Cupping

Penggemar wine pasti udah sering denger, bahkan udah sering dateng ke acara wine tasting kan? Sama aja kayak wine, kopi juga ada cara cicip-menyicipnya, namanya ...