Art

Seni Meledek Ketimpangan

1

Sebuah karya seni itu nggak selalu dibuat hanya untuk terlihat indah, tapi juga kadang bertugas untuk menyampaikan ide, pesan, atau bahkan protes. Ada sebuah genre dalam seni yang disebut dengan “satire” yang bertujuan untuk melakukan kritik sosial dan menarik perhatian banyak orang. Satire ini meskipun sangat humoris, tapi sebenarnya bisa membuat orang yang disindir merasa sangat terhina. Hehe… Salah satu contoh seniman satire yang paling terkenal saat dalam bidang seni lukis/gambar ini mungkin adalah Banksy. Satire ini juga digunakan oleh dalam bentuk tulisan, komedi, acara televisi, drama, lirik lagu, dan sebagainya sebagai senjata untuk protes sosial.

artwork_images_4203488_287334_honore-daumiera

Pada Abad 19 dulu, ada seorang karikaturis yang terkenal banget dari Prancis bernama Honore Daumier. Nama Daumier dikenal oleh banyak orang karena tujuannya berkarya adalah untuk menertawakan para penguasa hukum yang sombong dan kaum borjuis yang munafik. Latar belakangnya yang sederhana membuat Daumier mempunyai empati terhadap orang-orang yang tertindas, dan nggak kurang dari Raja George pun menjadi sasaran kritiknya. Karenanya, Daumier pernah masuk penjara selama 6 bulan, tapi dia tetap berkarya selepas dari penjara.

Salah satu karya Daumier yang paling terkenal adalah “The Riot” yang dibuat pada tahun 1852. Lukisan ini menceritakan tentang protes seorang pekerja terhadap sebarisan tentara. Karya lainnya, “The Refugees” menceritakan tentang deportasi massal yang terjadi setelah revolusi di tahun 1848.

Honoré_Daumier_032

cn_image.size.cezanne

Daumier memang nggak seterkenal Cezanne dan Picasso, tapi dia menjadi inspirasi kedua seniman besar itu. Lukisan “Chessplayers” yang dibuatnya menginspirasi Cezanne untuk membuat “Card Players”, sementara “Nymphs Pursued” menggoda Picasso untuk membuat interpretasi yang berbeda dari objek yang sama.

***

artwork-satire-cartoonist-pawel-kuczynski-polish-1a

artwork-satire-cartoonist-pawel-kuczynski-polish-5

artwork-satire-cartoonist-pawel-kuczynski-polish-2a

artwork-satire-cartoonist-pawel-kuczynski-polish-30

Di era ini, ada seorang ilustrator dari Polandia, Pawel Kuczynski, yang juga tertarik dengan genre ini. Seniman kelahiran tahun 1976 ini bukan seniman sembarangan, dan dia mempunyai gelar di bidang grafis dari Fine Arts Academy di Poznan. Berbeda dengan Banksy yang menyembunyikan identitasnya, Pawel terang-terangan mengakui karyanya. Tarikan garis dan warna-warna kalem yang digunakan Pawel membuat karya-karyanya terlihat lembut, padahal sebenarnya menyiratkan permasalahan dunia saat ini yang cukup serius.  Sudah ratusan penghargaan yang dia dapatkan selama ini melalui karya-karyanya yang bertemakan tentang kemiskinan, keserakahan, politik, dan kematian.

Di Indonesia sendiri juga para seniman satire nggak sedikit. Iwan Fals, dan beberapa stand-up comedian mungkin bisa menjadi salah satunya. Dari sejumlah kritikan ini, apakah dunia sudah mulai berubah ke arah yang lebih baik?

1 comment

Post a new comment

Dampak Kopi Brazil Bagi Dunia

Iklim adalah diktator paling kejam, dan kali ini korbannya adalah para pencinta kopi internasional. Pasalnya, Brazil yang adalah pemasok dan eksportir biji kopi terbesar di ...