Art

Jenis-Jenis Permukaan Kertas Cat Air

0

Kertas cat air tersedia terutama dalam tiga jenis permukaan, yaitu rough, cold pressed dan hot pressed.

Kertas cat air rough (sumber gambar: stcuthbertsmill.com)

Kertas cat air rough digambarkan sebagai toothy (atau memiliki permukaan yang terlihat seperti gigi menonjol atau bergerigi). Jenis kertas ini memiliki tekstur yang kasar dan bergelombang yang akan membuat membuat cat akan menjadi terpapar lebih dalam di atas permukaanya dengan hasil yang terlihat lebih kasar dan warna yang lebih terpilin.

Kertas cat air hot pressed (sumber gambar: shannonryanart.com)

Kertas cat air hot pressed merupakan yang terhalus. Dibandingkan dengan kertas car air jenis rough, permukaanya nyaris tidak bergerigi. Sebagai hasilnya, cat tidak akan terlalu terbenam di kertas dengan permukaan hot pressed dan akan mengering lebih cepat. Kertas hot pressed baik untuk ilustrasi, melukis cepat dan lukisan dengan pemakaian warna yang besar. Kertas ini juga merupakan kertas yang dipilih untuk karya yang menggunakan pensil bergaris baik atau pen-and-ink, karena permukaan yang halus tidak merintangi penggambaran sebuah garis lurus yang tegas dan panjang.

Kertas cat air cold pressed (sumber gambar: dickblick.com)

Kertas cold pressed tidak sebergerigi  kertas rough tapi juga lebih bergerigi dibandingkan kertas hot pressed. Bisa dikatakan ia berada di tengah-tengah. Kertas ini dapat bekerja dengan baik untuk efek cat air tradisional seperti cat yang terlihat menggenang dan juga dapat menyentuh di daerah yang lebih rendah sebagaimana juga untuk menyapu kering di daerah tertinggi di permukaan kertasnya. Kertas cold pressed  merupakan kertas yang paling awam digunakan oleh pelukis cat air.

Sebagian besar pembuat kertas menggunakan tiga terminologi ini untuk mendeskripsikan kertas yang mereka produksi. Tapi, tetap ada perbedaan besar antara mereka dengan metode produksi secara spesifik. Kertas dapat dibuat dari kapas, bubur kayu atau serat lainnya. Mereka juga dapat diukur dengan berbagai jenis dan jumlah gelatin atau kanji untuk mengalterasi kekuatan menyerap kertasnya. Untuk menemukan kertas yang pas untuk kita, akan sangat membantu jika melakukan eksperimen dengan berbagai jenis kerta yang berbeda dan menemukan mana yang lebih pas dengan gaya kita.

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

90 Tahun Bersembunyi, Karya Cezanne Ditemukan

Cezanne adalah seorang pelukis Perancis yang karyanya digadang-gadang sebagai jembatan peralihan seni abad ke-19 menuju abad ke-20. Karya-karyanya menunjukkan penguasaan desain, komposisi, dan warna. Hasil ...