Art

Inside Out Project

0

Pada bulan Maret 2011, seorang seniman dan fotografer asal Perancis berinisial JR menerima penghargaan TED Prize senilai 100.000 USD untuk proyeknya yang bernama “Inside Out”. Bagi yang belum pernah dengar, TED Prize merupakan penghargaan setahun sekali yang diberikan kepada individu dengan ide cemerlang untuk “mengubah dunia”.  Dan JR memilih seni fotografi sebagai alat untuk mengubah dunia.

Proyek “Inside Out” yang dirancang oleh JR bertujuan untuk menuangkan cerita atau identitas individu atau komunitas yang selama ini belum terdengar ke dalam sebuah foto hitam putih. Bukan cuma begitu saja, foto hitam putih ini kemudian dipamerkan di jalanan perkotaan dalam ukuran poster yang sangat besar.

Mengutip kata-kata dari JR sendiri, “I wish for you to stand up for what you care about by participating in a global art project, and together we’ll turn the world…INSIDE OUT”. Proyek ini merupakan perpanjangan tangan dari konsep dan filosofi di balik karya-karya JR. Ia pernah bekerja dan memperoleh banyak kenalan di wilayah yang terkena kerusuhan di daerah Perancis. Kemudian ia menyadari bahwa media yang meliput kerusuhan tersebut telah mengubah kesan teman-temannya menjadi seperti monster di mata masyarakat umum. Ia merasa bahwa sebetulnya mereka sendiripun tidak ingin dianggap seperti itu. Karena itu, ia kembali ke wilayah tersebut dan memotret mereka satu per satu dengan ekspresi wajah lucu-lucu, berbeda dengan apa yang ada di dalam media.

Tidak berhenti sampai di situ, JR pun melangkah ke Israel dan Palestina untuk memotret masyarakat di sana. Nekat dan agak mustahil, kata orang banyak. Namun ia tetap berangkat. Yang menarik adalah ia mengambil foto masing-masing dari orang Israel dan Palestina untuk setiap profesi yang sama kemudian posternya dipasang berdampingan satu sama lain di jalan-jalan besar. Hasilnya, tidak ada yang bisa membedakan mana orang Israel dan mana orang Palestina. Dan yang lebih menarik lagi, tidak ada orang yang berniat untuk merobek poster tersebut. JR menyebutkan bahwa hingga empat tahun poster yang berisi foto orang Israel dan orang Palestina berdampingan satu sama lain itu masih ada di sana.

Cerita lengkapnya bisa kamu lihat di video TED Talk berikut:

Sekarang ini proyek “Inside Out” mengajak siapa saja di seluruh dunia untuk berpartisipasi di wilayah mereka masing-masing dan telah menghasilkan 229 proyek di 8.888 wilayah dengan total foto sebanyak 73.648 buah.

Proyek ini masih terus berlangsung dengan harapan semakin banyaknya perpanjangan tangan di setiap negara yang tertarik untuk menjalankannya. Kalau kamu ingin lihat wilayah mana saja yang sudah berpartipasi bisa kunjungi websitenya di www.insideoutproject.net. Bangkok dan Malaysia sudah berpartisipasi lho sedangkan Indonesia masih belum terdaftar di sana. Mungkin kamu yang jadi penggeraknya?

Artikel oleh: @Patipatigulipat

About author

No comments