Art

Ingin Hidup Lebih Kreatif? Lakukan Kebiasaan Berikut!

Pagi hari biasanya merupakan waktu yang problematis. Antara masih setengah sadar, karena baru saja bangun tidur, dan harus menyelesaikan rutinitas pagi, seperti mandi, sarapan, menyiapkan keperluan aktifitas untuk hari itu, dan lainnya.

Sebelumnya kita sudah menyimak beberapa kebiasaan pagi yang bisa membuat hidup menjadi lebih kreatif lagi. Nah, kini mari kita lanjutkan pembahasan beberapa kebiasaan lain yang dapat dilakukan yang tidak hanya membuat pagi menjadi lebih efektif, namun juga memiliki dampak yang positif untuk merangsang kreativitas kita.

1. Bangun Dan Bergeraklah

Berolahraga, senam atau hanya sekedar meregangkan tubuh di pagi hari mengstimulasi kreativitas tidak hanya karena memicu endorfin dan memompa darah menuju otak, namun juga membantu dalam melepaskan diri dari monotonitas saat duduk dan bekerja nantinya, serta pastinya membuka jalan untuk wawasan kreativitas yang lebih luas. Perlu contoh? Anna Wintour, editor-in-chief terkenal dari majalah Vogue, bermain tenis selama satu jam tepat pada jam 5.45 pagi untuk memulai harinya. Okelah, mungkin tidak harus seekstrim Wintour. Yang penting usahakan untuk berolahraga di pagi hari.

2. Kurangi Pilihan Aktivitas Di Pagi Hari

Jangan buang waktu pagi yang berharga dengan memilih, misalnya busana apa yang dipakai hari ini atau kopi apa yang akan dihirup untuk memulai hari. Hal-hal seperti ini bisa dilakukan di malam hari misalnya. Mengurangi pilihan rutinitas pagi mungkin terlihat tidak kreatif, tapi ini penting dalam upaya menjaga stimulasi kognitif untuk aktivitas yang memang memerlukannya, seperti brainstorming, penulisan kreatif, pemecahan masalah dan sebagainya. Jadi jangan heran jika Barack Obama atau Mark Zukerberg terlihat memakai busana yang nyaris sama setiap harinya, karena mereka memilih untuk menghabiskan pagi mereka untuk hal lain yang lebih penting. Sederhanakan hidup hingga kita bisa memanfaatkan waktu untuk memikirkan ide gemilang apa untuk hari ini alih-alih kemeja mana yang layak dipakai.

3. Sempatkan Untuk Bersyukur

Beryukur untuk hidup yang dengan susah payah kita raih akan menolong diri kita sendiri dalam menghubungkan diri dengan tujuan hidup dan hal-hal serta orang-orang dalam hidup yang telah memotivasi kita. Kreativitas tidak selalu datang dengan gampang, jadi kembali ke akar inspirasi dalam hidup dan orang-orang yang telah membantu kita akan memastikan diri untuk tetap bekerja dengan keras, meskipun aral melintang di depan. Coba habiskan sebagian waktu pagi, dalam perjalanan ke kantor misalnya,  untuk memikirkan dua atau tiga hal yang membuat kita bersukur. Tidak hanya akan menginspirasi dalam bekerja dengan lebih keras, tapi juga membuat lebih bahagia dan optimis. Pastinya bersyukur membuat kita menyadari hal apa yang paling penting dalam hidup kita sehingga kita bisa menghabiskan waktu untuk mengerjakan hal-hal kreatif yang kita cintai ketimbang terjebak dalam rutinitas yang monoton.

4. Berhenti Mengatakan Malas Bekerja

Siapa coba yang tidak pernah berfikir di pagi hari, “uh, malasnya ke kantor hari ini!” Apalagi kalau kita bekerja bukan sesuai dengan passion kita. Nah, coba mulai dari sekarang fikiran seperti itu dibuang jauh-jauh. Sebenarnya kita tidak harus mengalokasikan 100% dari fokus kita pada untuk meningkatkan kreativitas. Tidak ada yang salah dengan bekerja di siang hari dan kemudian menghabiskan sisa hari dengan mengerjakan sesuatu yang berdasarkan passion kita. Bahkan struktur dan organisir waktu yang disediakan oleh pekerjaan tetap bisa membuat kita lebih efisien dan kreatif dalam membagi waktu. Inspirasi kreatif datang saat kita mengerjakan berbagai hal yang berbeda. Jadi, pergi bekerja juga merupakan bagian dari proses kondusif untuk mendatangkan kreativitas, daripada duduk berjam-jam dan berharap ide kreatif bisa muncul dengan ajaib di depan kita.

5. Ciptakan Rutinitas Dan Disiplin Menjalaninya

Usakan untuk memiliki rutinitas pagi yang sama. Haruki Murakami pernah menyebutkan jika repetisi menjadi hal yang penting dan merupakan bentuk dari hipnosis. Hanya saja, lebih mudah membuat daftar rutinitas ketimbang disiplin dalam menjalaninya. Akan selalu ada alasan untuk keluar dari rutinitas yang sudah diterapkan, apalagi jika sudah memasuki waktu libur. Alasan “hanya sekali ini saja” merupakan sebuah kesalahan yang tidak bisa dilakukan dua kali, karena ketidakdisiplinan dalam menjalakan rutinitas bisa mengikis kebiasaan kreatif yang dengan susah payah coba kita bentuk.

6. Rencanakan Aktivitas Pagi Di Malam Sebelumnya

Membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan esok hari sebelum kita tidur merupakan cara yang efektif dalam efisiensi waktu. Ini juga bisa memberi durasi yang lebih panjang untuk rutinitas pagi hari kita sehingga bisa memasukkan aktifitas yang lebih berguna. Hal ini membuat kita bisa lebih bebas dalam berfikir dengan lebih kreatif. Kita bisa menghemat waktu untuk tidak memikirkan apa menu sarapan atau berkas apa yang perlu dibawa hari ini dan kemudian mengalokasi waktu untuk hal lain yang lebih penting.

Jadi, demikianlah hal-hal yang bisa kita lakukan agar kehidupan pagi kita bisa menjadi lebih kreatif dan petualangan untuk hari ini pun bisa dimulai.

Sumber gambar: designschool.canva.com

Penulis: Haris Fadli Pasaribu