Art

Film-Film Keren yang Lahir Karena Lukisan

0

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja, dan di balik sebuah karya yang sukses, kita nggak tahu dari mana si pencipta atau si seniman mendapatkan inspirasi dari mana ketika menciptakan karya yang luar biasa. Dan ternyata, film-film box office yang keren itu juga banyak yang inspirasinya datang dari lukisan. Coba kita intip yuk lukisan apa yang menginspirasi mereka membuat film yang banyak diminati oleh banyak orang?

Avatar

james-cameron-avatar-artwork

Salah satu pembuat film yang sering melahirkan film-film hebat, James Cameron, mengakui bahwa dirinya terinspirasi oleh sebuah lukisan yang dibuatnya sendiri pada tahun 1976 ketika memutuskan untuk membuat “Avatar”. Gadis berwarna biru di atas bernama Neytiri, dan lukisan itu tadinya tergantung di pintu belakang kamar Cameron yang mungil di apartemennya di Tarzana, California.

Psycho

hitch

Alfred Hitchcock juga termasuk salah satu sutradara yang sering terinspirasi oleh banyak lukisan saat membuat film-filmnya. Salah satunya adalah lukisan di atas yang berjudul “House by the Railroad” karya Edward Hopper yang kemudian menjadi film laris “Psycho”.

Inception

esh1

Film “Inception” yang keren karya Christopher Nolan lahir karena dirinya terinspirasi oleh sebuah lukisan karya M.C. Escher yang terdiri dari bentukan geometris di mana di sana ada sebuah tangga yang menuju kepada sesuatu yang tiada batas (Penrose stairs).

Django Unchained

blue

Ide kostum dalam kostum yang digunakan dalam film “Django Unchained” itu adalah ide dari Quentin Tarantino yang terinspirasi oleh lukisan “The Blue Boy” karya Thomas Gainsborough.

Melancholia

water

“Melancholia” adalah salah satu film terindah yang pernah dibuat, dan kalau kita sadar, ternyata film besutan Lars von Trier itu adalah hasil inspirasi dari lukisan “Ophelia” karya John Everett Millais yang dibuat pada tahun 1852. Sementara lukisan itu dibuat karena sang pelukis terinspirasi oleh tokoh Ophelia yang adalah ciptaan William Shakespeare. Seru ya? Tiap bidang seni saling menginspirasi para senimannya.

The Exorcist

exorPernah nonton film “The Exorcist” kan? Rumah dalam film yang dibuat pada tahun 1973 oleh William Friedkin ini dibuat seperti rumah yang ada dalam lukisan “The Empire of Lights” karya Rene Magritte.

Tangled

swing4

Penggemar film-film Disney pasti sudah pernah menonton “Tangled”, atau yang di Indonesia berjudul “Rapunzel”. Sutradaranya, Glen Keane, meminta sang animator dalam film tersebut, Kyle Strawitz untuk membuat tokoh utamanya terlihat romantis, dan Kyle akhirnya mendapatkan inspirasi tersebut dari lukisan yang berjudul “The Swing” karya Fragonard.

Kalau film bisa dikembangkan karena inspirasi dari sebuah lukisan, Kopling rasa karya seni yang lainnya juga bisa, bukan? Mungkin kamu seorang penulis yang sedang kehabisan ide? Kamu bisa mulai rajin mengunjungi pameran lukisan, dan siapa tahu dari sana dapat ide segar untuk buku barumu!

 

Sumber gambar: collider.com dan flavorwire.com

No comments

Kopi Ini Mengundang Rasa Kantuk!

Salah satu penyebab mengapa beberapa orang nggak mau minum kopi karena menurut mereka, kopi membuat mereka sulit tidur. Setiap orang memang mempunyai daya tahan tubuh ...