Art

Dunia dalam Kepala Larry Carlson

0

Pernah nggak kamu waktu melamun pikiran kamu jadi melayang ke mana-mana dan jadi mikirin hal-hal yang absurd? Sering kan? Kopling juga gitu kok.

Nah, ada seorang seniman yang bernama Larry Carlson yang berasal dari New York City yyang menggambarkan lamunan-lamunan semacam itu menjadi serangkaian lukisan yang tentunya jadinya sangat surreal. Karya Larson ini adalah gabungan antara aspek mistis, pop, naturalis, dan teknologi, yang akhirnya melebur menjadi sebuah persepsi.

lc2

7f4f842bb5325b691146a5d47c0ee151

Kalau kita melihat video-video tahun 60-an, bentuknya mirip dengan karya-karya Larson ini. Penuh warna dan penuh “kata”. Star Trek, misalnya. Kita nggak akan bisa menggambarkan Star Trek dengan satu warna atau satu kata aja kan?

Larry Carlson adalah seorang seniman multimedia yang berkarya dengan komputernya. Dia menciptakan web-art, video-art, digital art, animasi, text-art, sound art, fotografi, juga lukisan kolase. Dia memang terkenal sebagai seniman online di mana dia membuat beberapa situs yang menggambarkan pikirannya yang abstrak dan absurd itu. Kita bisa menemukan binatang, gambar pemandangan, fotografi, dan bahkan agama dalam karya-karyanya.

Mungkin ini semacam mewakili pemikiran kita tentang hal-hal yang masih misteri untuk kita ya, seperti misalnya tentang agama dan tentang ketuhanan. Atau tentang surga, neraka, karma, atau kehidupan setelah kematian. Pernah nggak sih kamu mikirin hal-hal seperti ini?

909kk334r0_larrycarlson

0c043e_larrycarlson

Carlson pertama kali memamerkan karyanya secara online di tahun 1997. Pada tahun 2000, Carlson mempublikasikan situsnya yang legendaris Virtual OM dan LarryCarlson.com (yang sayangnya susah diakses dari Indonesia) yang mempertontonkan hiburan bagi mata dan pikiran penduduk dunia. Lalu selama bertahun-tahun, Yahoo! directory menempatkan Larry Carlson sebagai seniman komputer nomor satu di dunia. Koran-koran internasional seperti London’s Guardian, Montreal’s Mirror, dan Istanbul’s Vatan News juga pernah memuat Carlson dan karya-karyanya yang inspiratif itu. Nggak cuma itu, Carlson juga pernah menjadi fitur di US Weekly, High Times, Vice, Juxtapoz, NY Arts, dan majalah Lucky.

Kalau kamu kepengen melihat video-video Carslon, kamu bisa ke Vimeo dan mencari channel yang diberi judul “The Magical Mind Melt Show”. Pikiran magis yang melelehkan. Luar biasa ya? Jangan lewatkan juga salah satu film pendeknya yang berjudul “Free Food for Everyone”. Kamu akan terkaget-kaget melihat betapa menariknya dan mengguncangnya film itu.

LINK VIDEO:

Larry Carlson adalah seorang Salvador Dali dalam dunia seni komputer.

Twitter: @larrycarlson

No comments

Nullam egestas eleifend dignissim

Diam ut ligula magnis interdum tortor ornare magnis imperdiet porta fames litora placerat nam dolor dictumst duis vestibulum at donec aenean erat porttitor pede ullamcorper ...