Art

Dilarang Memakai Tongsis di 5 Tempat ini!

0

Tongsis alias tongkat narsis, yang dikenal sebagai selfie stick dalam bahasa Inggris, saat ini memang menjadi “senjata utama” bagi banyak orang yang senang mengabadikan diri mereka dalam bentuk foto. Kemudahan penggunaan serta fungsi yang dirasa efektif mungkin yang membuat eksistensi tongsis yang kabarnya dipopulerkan oleh Indonesia ini menjadi begitu fenomenal.

Namun demikian, pemakaian tongsis, terutama secara berlebihan, telah memunculkan himbauan untuk tidak menggunakannya di acara atau tempat tertentu. Mungkin kita sudah mendengar jika banyak konser musik yang melarang pengunjungnya untuk memakai tongsis karena dianggap dapat mengganggu penonton lain.

Dan kini menyusul adalah berbagai museum dan galeri seni yang juga melarang pemakaian tongsis di dalam venue mereka. Dan ini 5 di antaranya:

Britain National Gallery, Inggris

National Gallery

Britain National Gallery (Sumber gambar: yalesbookblog.com)

Baru-baru ini Galeri Nasional Inggris di London mengumumkan jika mereka melarang penggunaan tongsis di kawasan galeri untuk melindungi karya seni yang dipamerkan juga kenyamanan. Tongsis dikategorikan sebagai tripod yang sebelumnya telah dilarang karena dianggap mengganggu kenyamanan pengunjung untuk lebih leluasa menikmati koleksi museum yang dipamerkan.

The Smithsonian Museums, Amerika Serikat

The Smithsonian Museums

The Smithsonian Museums (Sumber gambar: Washington.org)

Museum legendaris, Smithsonian di Washington, Amerika, telah mélarang penggunaan tongsis minggu lalu. Membawa kamera dan mengambil foto masih ditoleransi, tapi tongsis, tripod ataupun monopod sama sekali tidak diizinkan. Pejabat Smithsonian menyebutkan jika ini merupakan tindakan pencegahan untuk melindungi pengunjung dan juga barang-barang yang terdapat di museum.

Museum Albertina, Austria

The Albertina Museum

Museum Albertina, Wina (Sumber gambar: humanandnatural.com)

Albertina, salah satu museum seni terkemuka yang terdapat di kota Wina, Austria, telah melarang penggunaan tongsis di area mereka. Juru bicara museum, Sarah Wulbrandt mengatakan jika para pengunjung terlebih dahulu harus melewati pemeriksaan, apakah mereka membawa tongsis atau tidak saat hendak memasuki meseum.

Colosseum Roma, Italia

Colosseum

Colosseum (Sumber gambar: kingsacademy.com)

Colosseum, yang terdapat di Roma, Italia, merupakan salah satu artefak sejarah yang tak ternilai harganya. Oleh karenanya perlu tindakan yang tegas kepada orang-orang yang mengunjunginya. Bulan lalu pihak berwenang Colosseum memutuskan untuk melarang penggunaan tongsis  baik di lingkungan Colosseum maupun terhadap barang-barang yang dipamerkan di dalamnya. Seliweran tongsis semakin berbahaya, demikian ungkap juru bicara Colosseum, Christiano Brughitta. Minggu lalu dilaporkan ada dua turis Amerika yang diamankan karena mengukir dinding Colosseum dengan nama mereka dan kemudian mengabadikannya dalam bentuk foto dengan menggunakan tongsis.

Museum of Modern Art, Amerika Serikat

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Museum of Modern Art (Sumber gambar: e-architect.co.uk) 

Museum of Modern Art (atau yang popular dengan singkatan MoMA) di New York, Amerika Serikat, termasuk salah satu museum yang kini melarang penggunaan tongsis. Alasannya masih setipe dengan musem lain yang telah melakukan tindakan serupa. Penggunaan tongsis dianggap bisa menggangu keamanan pengunjung lain serta koleksi museum yang dipamerkan. Penggunaan kamera masih diperbolehkan, akan tetapi dilarang menggunakan alat bantu seperti tongsis. MoMa bukan satu-satunya musem seni di kota New York yang memberlakukan pelarangan penggunaan tongsis, karena The Metropolitan Museum of Art juga telah melakukan tindakan yang sama.

About author

No comments

Kopi dan Teknologi

Kita hidup di Abad 21 di mana teknologi semakin maju, dan semuanya serba praktis dan “robotik”. Keren memang, dan mempermudah hidup. Padahal beberapa tahun yang ...