Art

Cara Unik dalam Mencetak Pola di Objek 3-D

0

Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak hal-hal yang dulu hanya menjadi fantasi pikiran belaka atau hanya bisa disaksikan dalam film fiksi ilmiah misalnya, kini mulai bisa terealisasi.

Ngomong-ngomong soal film, dulu waktu kecil saat kita menonton film kartun atau animasi di televisi, pasti pernah melihat adegan di mana satu karakter tertuang cat dan tiba-tiba ia memiliki pola kulit yang berbeda.

Kini hal tersebut nyaris sudah bisa dilakukan! Hal ini disebabkan karena telah ditemukannya teknologi yang dinamakan dengan teknik cetak hidrografik, yang mampu menerapkan lapisan film berpola ke suatu objek dengan cara menyelupkannya dalam kolam air.

Yang menjadi masalah adalah hasilnya tidak benar-benar bisa persis. Bagaimana sepotong plastik diulur di objek tersebut saat dicelupkan menghasilkan hasil yang tidak konsisten. Setidaknya sampai saat ini, karena para peneliti terus mengembangkan teknik hidrografik ini dan mereka telah menemukan cara bagaimana hasil penerapan pola pada objek bisa akurat, hanya dengan mencelupkannya ke dalam kolam air tadi.

Sumber gambar: fastcodesign.com

Sebuah tim yang terdiri atas peneliti dari Zheijiang University di Hangzhou dan Columbia University di New York telah menemukan solusi dengan apa yang mereka sebut sebagai pencetakan hidrografik komputasional.

Pada intinya yang mereka lakukan adalah melakukan scanning secara 3-D untuk objek apapun yang ingin diberi aplikasi pola. Algoritma kemudian akan menerapkan pola apapun yang ingin dicat di objek tersebut, dan mencetaknya di lapisan film transparan dalam cara tertentu. Kemudian saat direndam di air oleh tangan robot, polanya akan diterapkan ke objeknya dengan sempurna.

Menurut para peniliti ini, teknik ini dapat digunakan dengan mudah di objek yang dicetak secara 3-D, atau bahkan objek-objek yang lebih konvensional: mug misalnya. Dan dengan menyelupkan objek berkali-kali ke dalam rendaman air, kita bisa mengaplikasikan pola cat tiga dimensi kepadanya, sehingga objek tersenut akan terlihat seperti dicat dengan menggunakan tangan.

Hmm. Tampaknya akan sangat bermanfaat bagi yang gemar sesuatu yang instan atau tidak sabaran.

Untuk lebih jelasnya mungkin bisa dilihat di video di bawah ini:

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

The Disposable Memory Project

Apa yang lebih menyenangkan dari berbagi cerita dengan orang lain? Cerita bisa dituang ke dalam bermacam-macam bentuk, baik itu cerita lisan pas lagi ngobrol, tulisan ...