Art

Beberapa Seniman Hand Lettering Favorit di Instagram

0

Meski sama-sama mengandalkan tulisan dan tangan, tapi hand lettering berbeda dengan kaligrafi. Pada dasarnya kaligrafi membutuhkan skill yang mumpuni dalam mengerjakannya, karena kaligrafi adalah sebuah seni menulis indah. Nah, sedang hand lettering sebenarnya jauh lebih sederhana dan relatif bisa dilakukan oleh siapa saja, karena ia adalah bentuk lain dari menggambar.

Terlepas dari itu, para seniman hand lettering pun patut mendapat aplaus, karena tidak mudah juga merangkai sebuah gambar dan tulisan agar menjadi sebuah karya yang sedap dipandang.

Masih dalam seri Instagram kita, kali ini kita akan mengulik beberapa seniman hand lettering yang ada di akun sosial media khusus gambar tersebut. Berguna tidak hanya untuk melihat barisan visual hand lettering yang indah, tapi juga bisa menjadi sarana belajar bagi yang ingin memulai mendalami.

Ternyata cukup banyak para seniman hand lettering yang terdapat di Instagram. Cara mudah menemukan mereka tentu saja dengan mencari melalui tagar #HandLettering. Tapi untuk memulai, bagaimana jika melongok para seniman ini terlebih dahulu.

1. Cymone Wilder (@simonandmoose)

Dengan memakai nama Simon + Moose Creative, Cymone Wilder yang baru berusia 21 tahun dan masih tercatat sebagai mahasiswi jurusan desain grafis di Olivet Nazarene University ini mengembangkan kreasinya dalam seni gambar, termasuk hand lettering. Topik yang sering diangkat menjadi objek dalam kreasi hand lettering-nya adalah kutipan dari ayat-ayat Injil, dan kemudian ia menerjemahkannya dalam tulisan gambar yang indah.

Cymone Wilder 01

Cymone Wilder 02

Cymone Wilder 03

 

2. Zachary Smith (@zacharysmithh)

Zachary Smith adalah seorang seniman hand lettering dan juga desainer yang menetap di Savannah, Georgia. Ia menciptakan gambar-gambar indah yang memadukan antara lukisan, tekstur dan fotografi yang cantik dan kerap mengkreasikan atmosfir berbau petualangan.

Zachary Smith 01

Zachary Smith 02

Zachary Smith 03

3. Matthew Tapia (@matthewtapia)

Matthew Tapia adalah seorang seniman hand lettering dan grafis asal Hawaii. Sebagian besar karyanya bersandar pada sketsa dengan memakai pensil dan memanfaatkan topografi Hawaii yang eksostis sebagai latar. Karya-karyanya elegan dan berkesan.

Matthew Tapia 03

Matthew Tapia 02

Matthew Tapia 01

4. Lauren Hom (@homsweethom)

Hom Sweet Hom merupakan nama studio dari Lauren Hom, seniman han lettering dan ahli desain grafis asal Brooklyn kelahiran California. Ia dikenal karena karya-karyanya yang kerap menampilkan palet warna yang cerah dan letterforms yang terkesan feminin yang dipadu dengan kutipan-kutipan kalimat yang cerdas.

Lauren Hom 01

Lauren Hom 02

Lauren Hom 03

5. Tim Bontan (@bijdevleet)

Bijdevleet merupakan nama sebuah agensi desain asal Belanda yang dimana Tim Bontan bergabung di dalamnya. Handlettering merupakan salah satu kreasi yang mereka tawarkan, selain desain grafis tentu saja. Karakterisasi karya-karya Tim adalah mengandalkan warna dan tipografi dengan pendekatan personal. Kalau tertarik, bisa membeli karya-karya Tim yang dilelang melalui akun Instagramnya ini.

Tim Bontan 01

Tim Bontan 02

Tim Bontan 03

 

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

 

No comments

Rumah di Awan dari Perancis

Kalo beneran ada negeri di awan kayak kata lagu, tentunya di sana juga ada rumah kayak di bumi gitu dong ya? Nah, di Paris beneran ...