Art

Beberapa Profesi di Dunia Urban Toys yang Bisa Kamu Dalami

0

Waktu kecil dulu siapa sih yang nggak suka mainan? Entah itu mobil-mobilan, robot, Barbie, plushie, pasti kita pernah bersentuhan dengan salah satu dari mainan tersebut. Mungkin sebagian orang beralih menyukai hal lain ketika dewasa, tapi ada sebagian lainnya yang tetap menyimpan passion terhadap mainan.

Teman-teman Kopling yang tergabung dalam SOTOY adalah beberapa di antaranya. Mereka merupakan sekelompok seniman visual yang memiliki kecintaan terhadap mainan. Berawal dari mainan semasa kecil, kini mereka aktif berkegiatan di industri urban/designer/art toys dengan menciptakan beragam toys hasil karakter mereka sendiri maupun karakter orang yang mereka intepretasikan sendiri untuk kemudian dikoleksi dalam edisi terbatas.

Kamu juga pencinta toy yang ingin berkecimpung di dunia urban toys? Sama seperti industri lainnya, dunia urban toys juga berisi banyak profesi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu. Teman-teman dari SOTOY memaparkan jenis profesinya sebagai berikut:

Toy Maker

Orang yang membuat toys sampai ke tahap bentuk tiga dimensi, biasanya toy maker menguasai berbagai material dan teknik dalam membuat karya tiga dimensi. Posisinya mirip sculptor dan cocok nih buat kamu yang suka eksplorasi material dan medium tiga dimensi. Salah satu contoh toy maker yang terkenal banget adalah Kidrobot.

Toy Designer

Salah satu karakter urban toy paling terkenal: Munny, didesain oleh Tristan Eaton

Orang yang merancang toys, tapi nggak harus sampai menjadi bentuk tiga dimensi. Biasanya berlatar belakang dari orang-orang yang berkarya dua dimensi, seperti ilustrator, graffiti artist, painter. Kalau kamu termasuk kategori ini, coba deh kolaborasi dengan toy maker untuk mewujudkan desainmu jadi tiga dimensi.

Toy Customizer

Custom munny karya Jon Paul Kaiser

Orang yang memodifikasi toys sudah ada, dengan style-nya sendiri. Kalau melihat karya urban toys di Instagram, mungkin kamu sering mendapatkan di caption-nya tertulis: toy by …, custom by … . Nah, ini hasil kerja si toy customizer.

Toy Developer

Sekumpulan orang yang mengembangkan teknologi dan perancangan yang diaplikasikan pada toys, dari segi bentuk, material, produksi hingga promosi. Jika dalam scene musik, posisi ini diibaratkan seperti perusahaan rekaman. Oke buat kamu yang suka berada di balik layar!

Toy Blogger

Orang yang mempublikasikan, mengarsipkan dan sebagai media informasi  untuk pergerakan-pergerakan scene toys, baik yang independen maupun yang sudah mass production. Di luar sana Kopling melihat sudah cukup banyak media yang spesifik membahas tentang urban toys. Mungkin kamu juga tertarik untuk mengulas perkembangan industri urban toys lokal?

 

Kalau kamu berminat mendalami salah satu dari profesi di atas, yuk datang ke pameran dan bazar designer toys “Urban Toy Stage” yang akan diadakan tanggal 3-5 Maret 2017 di Kuningan City, Jakarta Selatan. Kamu bisa ketemu dengan banyak penggiat di dunia urban toys dan mengulik lebih dalam langsung dari ahlinya!

 

Gambar: thetoychronicle.com, kidrobot.com

Featured image: iamfatterthanyou.com

About author

No comments

Ketika Banksy Mendesain Sebuah Art Hotel…

Apa yang terjadi ketika Banksy mendesain hotel? Penuh dengan pernyataan politis, pastinya. Street artist yang satu ini baru saja menyelesaikan proyek terbarunya, “Walled Off Hotel”, di mana ...