Art

Apa Rahasia Terdalammu?

0

Nggak ada orang yang nggak punya rahasia. Bahkan kadang orang terdekat kita pun ada yang nggak tahu rahasia terdalam kita. Itu wajar kok, nggak apa-apa selama rahasia itu nggak lalu mengganggu hidup kita. Mungkin aja memang kita malu banget kalau orang lain sampai tahu rahasia kita, atau kalau mereka tahu rahasia kita, kita takut akan ditinggalkan.

o-NIGHT-900

o-NEGATIVE-900Tapi pernah nggak kamu membaca sesuatu atau menonton film, dan ternyata film atau buku itu secara nggak sengaja menguak rahasia terdalam kita? Nggak cuma buku atau film sih, ada juga ternyata komik yang kayak gitu.

Komik jaman sekarang memang nggak melulu isinya tentang superhero dan penjahat, tapi juga hal-hal sehari-hari, yang ternyata juga nggak kalah menariknya untuk dibuat komiknya. Kadang kita cukup kaget gimana sang pembuat komik yang notabene adalah orang asing yang sama sekali nggak kita kenal bisa menggambarkan keadaan kita dengan sangat pas. Mungkin kita pernah naksir seseorang secara diam-diam  dan nggak kesampaian, atau juga kita pernah cemburu atau iri setengah mati pada seseorang. Pernah kan? Hayo ngaku aja! Hehe.

o-ENVY-900

o-INFERNO-900

Ada seorang ilustrator dari Brooklyn, Anne Emond, yang suka menangkap saat-saat krisis yang kita alami, tapi nggak pernah kita katakan pada siapa pun. Emond dengan gamblangnya menggambarkan dan berkisah tentang kejadian-kejadian “rahasia” yang dialami oleh hampir setiap orang, dengan cara yang kocak sekaligus serius. Dia seakan-akan dapat membaca saat-saat paling insecure dalam hidup kita dengan sangat akurat, seakan-akan dia adalah sahabat sejati kita yang sudah lama nggak ketemu kita.

Diakuinya, komik-komiknya dibuat berdasarkan kejadian-kejadian nyata. Dengan sangat jujur, Emond mengungkapkan perasaan gagal yang terdalam, keluhan-keluhan dan keserakahan-keserakahan kita yang nggak terungkap. Biasanya, Emond mendapat ide ketika sedang melakukan hal-hal sehari-hari, seperti makan siang, mandi, mencuci piring, atau apa pun. Ide yang datang saat dia duduk di mejanya memang kadang ada juga, tapi menurutnya nggak sedahsyat ide-ide yang datang tanpa sengaja dan tanpa dicari-cari.

Emond memilih jalur online untuk memperkenalkan karyanya kepada orang lain dan kepada dunia, alasannya adalah karena dengan memasukkan karya kita secara online, kita nggak perlu makelar untuk memperkenalkan kita kepada penerbit, misalnya, tapi penerbit sendiri akan menemukan kita.

o-THE-WAY-900

o-THE-GHOST-900

Nah, dari beberapa komik karya Emond di atas, ada nggak yang membuka rahasia kamu secara diam-diam?

Website: anneemond.com
Twitter: @comeeks

No comments