Art

6 Instalasi Seni Bertenaga Matahari yang Sangat Indah

0

Di saat banyak orang masih belum aware dengan pentingnya hemat energi listrik, sebagian orang di dunia seni mencoba melakukan inovasi dengan membuat seni instalasi bertenaga surya. Kalau melihat enam instalasi di bawah ini, mungkin kamu nggak mengira kalau semua pencahayaan hanya menggunakan energi matahari! Soalnya, ada beberapa instalasi yang menyala di malam hari. Langsung dicek aja yuk!

Dancing Flowers Oleh Alexandre Dang

Alexandre Dang yang berbasis di Brussel melengkapi bunga-bunga mungil dengan panel surya yang tak kalah mungilnya yang membuat barisan bunga tersebut menari-nari saat disinari oleh matahari. Dalam kesempatan ini ia mengkreasikan dandelion sebagai bunga kreasinya, namun di berbagai pameran lain Dang telah menggunakan berbagai macam jenis, rupa dan waran bunga. Yang patut mendapat pujian adalah karena Dang mengubah sesuatu yang sebenarnya sederhana menjadi karya yang cukup kompleks. Pastinya bunga menari akan sangat menarik perhatian anak-anak.

Night Garden Oleh O*GE

Saat kita berpikir tentang proyek seni bertenaga surya, mungkin nggak menyangka kalau bisa diaplikasikan untuk malam hari seperti taman malam yang sangat cantik kreasi tim perancang asal Israel, O*GE. Awalnya dipertunjukkan di Jerusalem Light Festival di tahun 2009, koleksi seni pahat berbentuk bunga ini mengumpulkan enerjinya di siang jari dan kemudian akan bersinar pada malam hari, layaknya sebuah hutan listrik raksasa. Setiap bunga memiliki sinar warna yang berbeda, sehingga menciptakan ambience yang tak beraturan dan semuanya ditenagai oleh matahari.

The Verdant Walk Oleh North Design Office

Ini merupakan contoh lain pemanfaatan tenaga surya untuk proyek seni bersifat nocturnal. Berlokasi di Cleveland, merupakan hasil karya dari North Design Office yang berbasis di Toronto. Awalnya diniatkan sebagai bagian pameran Cleveland Public Art, The Verdant Walk terdiri atas 7 pahatan dari kawat yang dililitkan di struktur solar yang mengumpulkan energi dari matahari di kala siang hari dan kemudian bersinar di malam hari. Meskipun terlihat indah, namun yang membuat karya seni ini istimewa adalah bagaimana jelasnya ia meng-highlight akan potensi yang nggak terlihat dari energi yang bisa diperbaharui.

Sonumbra Oleh Loop.pH

Seni patung yang kurus menjulang ini mungkin terlihat seperti habis tersambar petir, tapi sebenarnya terdiri atas kain yang diintegrasikan dengan sel solar yang bernama Sonumbra. Didesain oleh Land Art and Design Studio Loop.P.H, mereka juga dibekali dengan sensor gerakan yang merespon kehadiran manusia di sekelilingnya dengan sinar dan suara yang mendebarkan. Jika kita pernah bertanya-tanya apakah matahari bisa menyingkirkan bahan bakar berbahan fosil, maka Sonumbra merupakan jawaban untuk penggantinya.

Sunflower Oleh Harries & Héder

Proyek kreasi Harries & Héder ini  mendemonstrasikan apa yang selama ini diungkapkan oleh tim LAGI: nggak terlalu penting untuk menciptakan stasiun pembangkit energi perkotaan yang merusak lanskapnya. Didesain untuk menyediakan lampu bagi taman pinggiran kota di Austin, Texas, Sunflower, demikian nama proyeknya, juga menyediakan tabir selama siang hari dan juga menampilkan akumulasi energi yang mencengangkan saat panel yang terbentang luas dihidupkan di malam hari. Team perancangnya memang terkenal akan berbagai proyek seni mereka, sehingga tentunya karya-karya mereka senantiasa memiliki estetika seni tertentu. Mari kita berdoa, semoga semakin banyak saja orang-orang seperti mereka.

PV Stained Glass Oleh Sarah Hall

Upaya Sarah Hall dalam memanfaatkan energi solar di seni kaca berwarna mungkin merupakan salah satu ide paling inovatif yang pernah kita lihat sampai sejauh ini. Sarah membenamkan sel pv diantara dua panel seni kacanya yang kemudian disapur dengan tekstur yang berbeda, warna, dan aneka pola yang menciptakan susunan yang diisolasi secara thermal oleh panel kaca bertenaga surya yang memesona. Seniman asal Kanada ini telah mengadaptasi tradisi panjang seni kaca berwarna dalam konteks yang moderen serta nggak hanya berguna untuk rehabilitasi planet bumi kita ini namun juga untuk keindahannya yang bertahan lama.

Sumber gambar: inhabitat.com

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

Mesir: Tradisional dan Cinta Kopi

Minum kopi adalah acara sosial yang penting buat orang Mesir, dan melibatkan seluruh tingkat sosial masyarakat di sana. Kedai kopi di sana sering dipake buat ...