Art

5 Tradisi Paskah Yang Tak Biasa

0

Paskah mungkin merupakan bagian peringatan keagamaan. Dalam perkembangannya ia juga menjadi tradisi tahunan yang dirayakan dengan cukup meriah. Beberapa hal yang menjadi bagian awam tradisi paskah misalnya (tentu saja) Telur Paskah, Kelinci Paskah, Api Paskah, dan berbagai kegiatan lain. Sedang yang lebih spesifik lagi mungkin seperti bermain ski yang dilakukan orang-orang di negara-negara Skandinavia atau memercikan parfum ke kalangan perempuan yang dilakukan oleh kaum pria di wilayah Balkan.

Namun ternyata, selain tradisi umum tadi, banyak juga tradisi Paskah yang tak biasa. Dalam arti memiliki ritual dan konsep yang agak bersebrangan dengan kebiasaan dan mungkin akan terlihat aneh. Dan ini terdapat di berbagai belahan dunia, jika saja kita rajin mencari tahu.

Meski begitu, mengapa tidak kita intip dulu 5 tradisi Paskah yang tidak biasa ini:

Anak-Anak Yang Berdandan Sebagai Penyihir Di Swedia

(sumber gambar: anothermag.com)

(sumber gambar: anothermag.com)

Di Sabtu Suci setiap tahunnya, anak-anak Swedia akan berpakaian layaknya penyihir baik dan memberikan surat dan kartu sebagai ganti telur, permen dan koin. Agak mirip trick or treat di Halloween memang. Sedang menu makanan di Paskah Swedia biasanya mencakup ikan haring, salmon asap, ham pangang dan aneka jenis keju. Telur biasanya juga saling dipertukarkan dan kemudian dipakai dalam sebuah permainan dimana pesertanya akan menggelindingkan telur di atas ubin yang terbuat dari seng dan yang berhasil menjadi yang terjauh tanpa pecah adalah pemenangnya.

Omelet Raksasa Di Perancis

(sumber gambar: weirdomatic.com)

(sumber gambar: weirdomatic.com)

Perancis memang dikenal sebagai salah satu negara dengan aneka kuliner yang menggoda. Tapi bagaimana jika kita memakan sebuah omelet yang terbuat dari 12.000 telur di hari Paskah? Mungkin hanya orang Perancis yang melakukannya. Lebih tepatnya di kota Haux. Telur-telurnya sudah dipecahkan terlebih dahulu di rumah dan kemudian dikumpulkan di sebuah wajan raksasa yang sudah menunggu di alun-alun. Mungkin bisa menjadi konsumsi untuk semua warga kota tersebut.

Pohon Paskah Di Jerman

(sumber gambar: weirdomatic.com)

(sumber gambar: weirdomatic.com)

Bayangkan sebuah pohon yang didekorasi dengan kurang lebih 9.000 butir telur Paskah. Tidak mungkin terjadi? Jangan salah. Jika rajin, kamu bisa berkunjung ke kota Saalfeld, di timur Jerman. Di sana menghiasi pohon dengan telur hias sudah menjadi bagian dari merayakan Paskah. Tap ternyata kegiatan ini bukan hanya untuk sekedar bergaya saja, karena merupakan simbol dari ide kelahiran kembali yang menjadi dasar dari Paskah.

Mencambuk Istri Di Cekoslawakia

(sumber gambar: weirdworm.com)

(sumber gambar: weirdworm.com)

Jangan langsung berpikir tradisi ini mengandung kekerasan atau menuntut submisi penuh tanpa perlawanan dari sang istri seperti yang terdapat di dalam kisah 50 Shades of Grey. Yang disebut cambuk di sini terbuat dari rangkaian pita yang dijalin atau pomlázka dalam bahasa setempat. Tradisi mencambuk istri, atau perempuan yang ditaksir, dengan pomlázka bertujuan agar mereka bisa senantiasa sehat dan bahagia selama setahun ke depan.

Påskekrimmen Atau Thriller Paskah Di Norwegia

(sumber gambar: blog.virgin-atlantic.com)

(sumber gambar: blog.virgin-atlantic.com)

Yang mungkin sangat aneh dan kedengarannya tidak ada hubungan dengan filosofi Paskah adalah Påskekrimmen atau Thriller Paskah di Norwegia. Menjadi tradisi di hari Paskah di sana untuk membaca novel thriller atau kriminal yang paling seram. Tidak hanya itu, selama libur Paskah mereka akan mematikan telepon mereka, menyalakan perapian kabin dimana mereka mengasingkan diri, dan menenggelami diri dengan berbagai novel kriminal atau thriller tadi untuk dibaca dengan tekun.

 

Kopling mengucapkan Selamat Hari Raya Paskah bagi yang merayakan!

 

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

About author

No comments