Art

18 Petuah dari Komikus & Seniman Moebius

0

moebius

Beberapa dari kalian mungkin ada yang belum tau Jean Giraud alias Moebius. Ia adalah komikus dengan kemampuan dan kecepatan imajinasi yang tak terbatas. Beliau juga seniman dan penulis terkenal dari Perancis yang sudah menelurkan banyak sekali karya. Satu dari yang pernah diterbitkan adalah Arzach. Komik yang memiliki style yang original dan inspiratif.

Sebagai seorang seniman yang telah memakan asam garam pengalaman, semasa hidupnya Moebius pernah memberikan beberapa tips yang sepertinya bermanfaat bagi para calon seniman untuk mengasah kemampuan storytelling. Yuk disimak!

1. Ketika menggambar, kamu harus terlebih dahulu membersihkan diri dari perasaan yang mendalam, seperti kebencian, kebahagiaan, ambisi, dll.
2. Terpenting adalah melatih tangan kamu. Latihlah tangan agar luwes dan mampu mengekspresikan ide-ide.
3. Pengetahuan mengenai perspektif sangat penting diketahui. Dengan mengenal perspektif baru, itu akan membantu kamu menemukan cara pandang baru.
4. Kepekaan. Melatih kepekaan seperti menggambar bentuk tubuh manusia. Perhatikan bagaimana anatominya, posisi, tipe tubuh, konstruksi, dan lain sebagainya.
5. Ketika membuat cerita, kamu bisa memulainya tanpa mengetahui segala sesuatu, tetapi kamu harus membuat catatan sambil jalan mengenai alur yang digambarkan dalam ceritamu. Detil tersebut akan memberikan pembaca karya kamu dengan karakteristik dan memunculkan emosi pembaca.
6. Kebanyakan komikus Amerika menggambar superhero karena superhero tidak memiliki kepribadian, hanya gerakan yang dilakukan berulang-ulang. Tapi tidak bagi manusia biasa, ada karakter yang harus dibangun tentang kepribadian, kehidupan. Jadi, jika kamu ingin memperdalam karakter yang kamu buat, ada baiknya kamu juga rajin menggambar karakter manusia biasa.
7. Begitu juga dengan pakaian yang dikenakan dari karakter. Itu akan menentukan bagaimana peran dan kehidupan dari karakter itu sendiri, jadi tanpa penjelasan panjang melalui gambar pembaca dapat mengartikan maksudnya.
8. Seorang seniman harus memiliki gaya khas dan penuh simbol. Seperti Moebius pada nama saya yang sempat jadi lelucon.
9. Seorang seniman, jika berada di jalan, ia melihat sekitar dengan cara tidak biasa. Pandangan seorang seniman harus lain dengan pandangan orang biasa, ini sangat penting untuk mendokumentasikan cara hidup orang secara unik.
10. Elemen penting lainnya adalah komposisi. Komposisi dalam cerita harus dipelajari karena halaman atau lukisan atau panel adalah wajah yang terlihat di pembaca dan berbicara kepadanya. Sebuah halaman bukan hanya suksesi. Ada panel yang penuh. Beberapa yang kosong. Lainnya adalah vertikal. Beberapa horisontal. Semua itu bagaimana seniman membuatnya.
11. Narasi harus selaras dengan gambar. Harus ada ritme visual yang diciptakan oleh penempatan teks kamu. Irama plot harus tercermin dalam irama visual dan cara kamu menyingkat atau memperpanjang waktu. Seperti filmmaker, kamu harus sangat berhati-hati dengan caramu membuat karakter dan bagaimana kamu mengarahkan mereka.
12. Berhati-hatilah pada karya-karya yang menjadi idola kamu. Maksudnya, jangan sampai karya yang kamu buat terpengaruh banyak dari seniman idola kamu, karena kamu harus memiliki ciri khas tersendiri.
13. Ada hubungan antara musik dan menggambar. Ukuran hubungan itu tergantung pada kepribadianmu dan apa yang terjadi pada saat itu. Selama sepuluh tahun terakhir saya telah bekerja dalam keheningan; bagi saya, ada musik dalam irama garis saya.
14. Perhatikan penggunaan warna. Warna adalah bahasa yang menggunakan seniman grafis untuk memanipulasi perhatian pembacanya serta untuk menciptakan keindahan. Ada warna obyektif dan subyektif.
15. Pada awal karir seorang seniman, ia harus melibatkan diri dalam penciptaan cerita pendek yang berkualitas sangat tinggi. Dengan begitu ia memiliki kesempatan yang lebih baik (dibandingkan dengan cerita Format panjang) berhasil menyelesaikan mereka, sambil mempertahankan standar kualitas yang tinggi. Ini juga akan lebih mudah untuk menempatkan mereka dalam sebuah buku dan menjualnya kepada penerbit.
16. Ada kalanya kita sadar kepala menyusuri jalan kegagalan, memilih tema yang salah atau subjek untuk kemampuan kita, atau memilih proyek yang terlalu besar, atau teknik yang tidak cocok. Jika ini terjadi, anggap ini sebagai pelajaran berharga.
17. Ketika pekerjaan baru telah dikirim ke editor dan menerima penolakan, kamu harus selalu meminta dan mencoba untuk menemukan alasan penolakan. Dengan mempelajari alasan kegagalan kita, barulah kita bisa mulai belajar.
18. Sekarang mungkin untuk mengekspos karya-karya kepada para pembaca, kita harus selalu menyadari hal ini. Gambar adalah bentuk komunikasi personal – tapi ini tidak berarti bahwa artis harus menutup dirinya. Komunikasinya harus estetis, filosofis dan secara geografis dekat dengannya, serta untuk dirinya sendiri – tetapi juga untuk orang asing. Menggambar merupakan media komunikasi bagi orang banyak

 

Nah, itulah 18 petuah dari Jean Giraud alias Moebius untuk menciptakan storytelling yang baik. Buat kamu yang ingin sukses seperti Moebius, jadikan petuah ini sebagai inspirasi kamu dalam berkarya!

Good luck!

About author

No comments

[LIPUTAN] ART|JOG|8 Infinity In Flux

Seperti yang sudah diberitakan di artikel sebelumnya, Kopling jalan-jalan lagi ke Yogyakarta untuk hadir ke perhelatan seni tahunan ART|JOG. Di edisinya yang ke-8, ART|JOG mengambil ...