Art

10 Tempat Yang Menakjubkan Saat Dilihat Dari Udara

0

Aerial shot atau tampilan fotografi bergaya bird’s eye memang istimewa, karena dengan memakai penglihatan yang berasal dari atas, maka perspektif akan sebuah tempat juga sedikit banyaknya juga berubah.

Meski begitu tidak banyak yang melakukan aerial shot seperti ini, karena fotografi udara bisa dikatakan cukup sulit untuk dilakukan. Belum lagi sumber daya yang cukup mahal. Namun bird’s eye tidak melulu harus bersandar pada fotografi udara, karena bisa juga diambil dari tempat yang relatif lebih tinggi.

Terlepas dari bagaimana teknik pengambilan gambarnya, berikut adalah 10 pemandangan mengagumkan yang diambil dari 10 lokasi yang berbeda dari berbagai sudut dunia. Mereka adalah tempat atau landmark yang cukup populer. Mungkin saja setelah melihat mereka dari ketinggian, kita bisa memberi apresiasi yang lebh dari sebelumnya:

1. Air Terjun Niagara

Dengan ketinggian 165 kaki, air terjun Niagara merupakan sebuah pemandangan yang menakjubkan saat dilihat. Tapi ternyata ia tak kalah menakjubkan saat di lihat dari atas, seperti sebuah lukisan dengan cita rasa artistik tinggi.

2. Central Park, New York

Gambar di atas dengan sempurna menggambarkan betapa luasnya Central Park, apalagi dengan lokasinya di kota yang padat seperti New York. Lanskap hijau yang berada di tengah belantara beton seperti menjadi oase yang menyegarkan saat dilihat dari angkasa.

3. Barcelona, Spanyol

Mungkin saat berada di tengahnya kita tidak akan menyadari jika kota Barcelona di Spanyol memiliki rencana tata ruang yang cukup tertata. Namun, saat melihatnya dari atas, maka setiap bangunan seperti merangka sebuah pola yang statis dan fungsional.

4. Lembah Bac Son, Vietnam

Pemandangan sawah yang membentang luas, serta sungai yang mengalir, dengan barisan pegunungan di kanan kiri, menjadikan lembah Bac Son di Vietnam terlihat seperti sebuah lukisan naturalis yang sangat sedap di pandang saat diabadikan dengan bird’s eye.

5. Marina Bay, Dubai

Barisan gedung beton tinggi yang memagari Marina Bay di Dubai terlihat menjulang dengan gagah saat di lihat dari ketingggan. Namun di saat lain tempat ini terlihat steril dan sedikit mengancam.

6. Paris, Perancis

Rasa-rasanya sudah banyak tampilan kota Paris yang dilihat dari udara, akan tetapi tetap saja mereka menghasilkan pemandangan yang menawan. Dan yang ini juga bukan pengecualian, dengan jalanan yang terlihat seperti sulur yang menyebar atau mungkin tentakel gurita yang menggapai-gapai.

7. Seattle, Amerika

Seattle merupakan salah satu kota metropolitan di Amerika. Namun pemandangan dari udara ini memberi kesan other-worldly yang tebal serta menjadikan Seattle seolah-olah sebuah negeri dongeng yang berada di kayangan. Mungkin karena efek barisan awan yang mengungkungi kota ini.

8. Bungle Bungles, Taman Nasional Purnululu, Australia

Formasi bebatuan Bungle Bungles terbuat dari endapan batu-batu yang terbentuk secara perlahan selama lebih dari 350 juta tahun. Terlihat kokoh dan dan sekaligus indah saat dicermati dari ketinggian.

9. Tree of Life, Taman Nasional Tsavo, Kenya

Pohon Akasia ini menjadi mencolok, karena ia berdiri di tengah dataran gersang yang terkesan kering dan tidak memiliki kehidupan. Dan ia menjadi lebih istimewa saat diabadikan dari atas, dan menegaskan posisinya sebagai “pohon kehidupan”, dengan garis-garis kuning yang berpusat pada dirinya.

10. Bondi Beach, Sydney, Australia

Selintas kita akan mengira jika ini merupakan lukisan yang terdapat di sebuah kaus atau bahkan taplak meja. Tapi sebenarnya ini adalah pemandangan orang-orang yang tengah bersantai di Bondi Beach, Sidney, Australia.

Sumber gambar: matadornetwork.com

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

Tabik! Vol.6 at Catalyst Art Market, Day 2

Catalyst Art Market berkolaborasi dengan @SRMbands mempersembahkan: Tabik! Volume 6. Sebuah presentasi musik dari Satria Ramadhan Management yang akan menampilkan band-band keren di “panggung” Art Market Volume 4 yang akan diadakan ...