Startup ini Bangun Rumah Menggunakan Printer 3 Dimensi!

0

Apis Cor, sebuah startup yang berbasis di San Francisco, berhasil membangun sebuah rumah utuh di sebuah kota di Rusia dalam waktu 24 jam menggunakan teknologi 3D printing! Perusahaan ini memakai mobile 3D printer untuk mencetak dinding dan partisi rumah. Para pekerja harus mengecat rumah dan memasang atap, kabel, saluran air, dan insulasi termal secara manual namun hal itu nggak membutuhkan banyak waktu.

Hasilnya? Mereka berhasil membuat rumah seluas sekitar 37 meter persegi yang luasnya kurang lebih sebesar kamar hotel standar. Ini bisa menjadi pilihan menarik buat orang-orang yang ingin tinggal di rumah kecil dan minimalis! Menurut Apis Cor, biaya yang mereka keluarkan untuk membangun rumah ini adalah sebesar USD10.134, dengan biaya terbesar pada bagian pintu dan jendela.

Dengan teknologi 3D printing, berarti pemilik rumah bisa memilih bentuk rumah yang mereka inginkan dan bahkan membuat rumah yang lebih besar dari yang sudah dibuat oleh Apis Cor ini. Keren banget! Kamu mau nggak tinggal di sini?

 

Featured image: hypebeast.com
Gambar: inhabitat.com

About author

No comments

17082012

Meskipun perayaan kemerdekaan Indonesia tahun 2012 ini gaungnya sangat kurang terasa (seenggaknya Kopling belum melihat adanya keramaian baik di linimasa maupun di jalanan), tapi kita ...