[LIPUTAN] Art Market Jakarta 8 Lahirkan Kolektor Seniman Muda

0

Catalyst Arts, platform yang mewadahi para penggiat seni visual, baru saja mengadakan signature event Art Market Jakarta, sebuah bazar karya seni dan produk kreatif berbasis ilustrasi, untuk yang kedelapan kalinya pada 8-10 Desember 2017 lalu di Kuningan City Mall, Jakarta Selatan. Art Market Jakarta 8 ini sedikit berbeda bila dibandingkan acara-acara sebelumnya dengan adanya penambahan area yang belum pernah ada dan kolaborasi dengan pihak-pihak baru.

Begitu menginjakkan kaki di pintu masuk Art Market Jakarta 8, pengunjung disambut dengan area Afrdbl. Art Fair yang menampilkan ratusan karya orisinil dan limited print dari puluhan seniman visual/ilustrator. Sesuai dengan namanya, Afrdbl. Art Fair berisi karya seni dengan kisaran harga cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga maksimal dua juta rupiah, yang bertujuan untuk menciptakan kolektor-kolektor muda yang ingin mulai membeli karya seni untuk koleksi pribadi di rumah maupun hadiah bagi orang terdekat.

Melangkah lebih jauh ke dalam, ada sebanyak 34 tenant area Art Bazaar yang menyajikan art merchandise yang sungguh menggugah mata dan dompet. Mulai dari tote bagscarft-shirtjewellerypouchnotebook, art print, kalendar, pin, keramik, art supply, dan lainnya semua tersedia di sini, dan tentunya dengan jumlah terbatas karena nggak diproduksi massal. Salah satu pengunjung, Alifia, yang mengaku datang ke Art Market Jakarta 8 karena diajak oleh temannya mengatakan sangat terkesan dengan acara ini karena bisa menyalurkan apresiasi orang terhadap seni, baik pengunjung maupun pembuatnya.

Nggak hanya menjadi tempat untuk berbelanja karya seni dan art merchandise, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam kegiatan. Di area Disarrangement: Live Collage and Exhibition, misalnya, pengunjung bisa melihat langsung tujuh seniman kolase membuat karya seni mereka di tempat selama kurang lebih dua jam di hari Sabtu (9 Desember) dan langsung melakukan instalasi karya setelahnya. Nggak cuma itu, pengunjung juga bisa merespon karya, dan tiga pemenang terpilih mendapatkan hadiah dari tujuh seniman kolase tersebut. Lain lagi di area workshop, di mana pengunjung bisa menikmati empat workshop gratis bersama crafter Kitty Manu. Mereka bisa bereksperimen dengan masking tape dari Gudily dan Masking Tape Indonesia, beragam marker dari Leeven & Co, dan kamera Instax dari Fuji Film Indonesia untuk membuat holiday greeting cardspinback button badgepattern botanical collage, dan frame in a pot. Antusiasme tinggi dari pengunjung membuat area ini nggak pernah sepi selama tiga hari acara.

Kolaborasi menarik juga dilakukan bersama Tokopedia lewat “Dimulai Dari Talk Show Series”, agar pengunjung nggak hanya mendapatkan inspirasi dari visual yang mereka lihat selama Art Market Jakarta 8 tapi juga dari insight langsung beberapa seniman visual maupun brand yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang art merchandising. Ada empat talk show selama Art Market Jakarta 8 berlangsung, yaitu Dimulai Dari: Riset untuk Menciptakan Produk bersama Diela Maharanie dan Inez Tiara (Kelly’s and Co), Dimulai Dari: Mengembangkan Karya Visual menjadi Brand bersama Ratri Kartika Sari (DGTMB Project), Dimulai Dari: Distribution Channel sebuah Brand bersama Debbie Tea (Pantainanas) dan Fauzy Prasetya (Kandura Keramik), dan Dimulai Dari: Branding dan Packaging bersama Resatio dan Elfandiary. Semua talk show ini bertujuan untuk memberikan arahan bagi para penggiat seni yang ingin mulai membuat art merchandise agar mereka tahu apa saja yang perlu disiapkan supaya brand mereka bisa established.

Nggak cuma menjadi sarana untuk anak muda dan orang dewasa menikmati karya seni dan berkegiatan seni, Art Market Jakarta 8 bekerjasama dengan Pibo, sebuah penerbit buku anak dan online marketplace khusus buku anak, untuk membuat area Kids Corner di mana anak-anak bisa mendengarkan dongeng menarik, belajar mewarnai, dan bermain-main sejenak di mini playground. Dengan demikian, anak-anak pun bisa bersentuhan langsung dengan seni sejak dini!

Art Market Jakarta 8 banyak menyisakan cerita dan pengalaman yang menarik tidak hanya bagi para pengunjung, tetapi bagi para seniman visual juga. Dengan pengalaman baru yang dirasakan di Art Market Jakarta 8 ini, harapan dari Catalyst Arts adalah ke depannya para seniman visual, ilustrator, desainer, dan pembuat di industri kreatif di Indonesia mendapatkan lebih banyak dukungan dari publik agar bisa selalu berkarya dengan hati dan juga dengan acara ini, juga bisa menginspirasi para pengunjung maupun pecinta seni untuk mengapresiasi karya seni dan membeli dengan hati pula.

Silakan tonton video di bawah ini untuk melihat suasana keseluruhan Art Market Jakarta 8 selama tiga hari.

About author

No comments

Tanam Ide Kreasi

Cerita-cerita tentang dunia literasi sebenarnya nggak kalah menarik dibandingkan dunia visual. Ada banyak pembahasan seru yang sebenarnya bisa diangkat, namun terkadang tenggelam oleh berita mayoritas ...