Kopi Manis Rasa Kacang dari Negeri India

0

Mari kita berkelana ke kota tempat asalnya Jawalharlal Nehru! Ya, India. Bisa dibilang kopi di India adalah minoritas, karena mayoritas masyarakat mereka lebih memilih teh sebagai minuman sehari-hari kedua setelah air putih. Tapi, bukan berarti kopi tak hidup di negeri ini.

Kopi diperkenalkan ke India melalui Chikkamagaluru (Chikmagalur) kabupaten ketika tanaman kopi pertama ditanam di Baba Budan Giri Hills selama 1670 AD. Menurut artikel “Asal Usul Kopi”, Bababudan adalah seorang muslim yang berziarah ke Mekkah perjalanan melalui pelabuhan Mocha, Yaman di mana ia menemukan kopi. Untuk memperkenalkan rasanya ke India, dia membungkus tujuh biji kopi dan membawanya keluar. Kembalinya dari sana, ia menanam kacang di perbukitan Chikkamagaluru, yang sekarang bernama Baba Budan Hills.

Sumber: Wikimedia.org

Sumber: Wikimedia.org

Ada beberapa produksi kopi di India, daerah utama kopi tumbuh adalah Karnataka (Mysore), Kerala (Malabar), dan Tamilnadu (Madras). Umumnya, panen pada bulan Oktober dan November. Nah, Kali ini kita berangkat ke Karnataka untuk mengenal kopi dari daerah tersebut. Yuk!

 

India Map

India Map

Intro To India Coffee Forests

Intro To India Coffee Forests

Karnataka adalah provinsi di India, dan sebuah nama dari kelompok yang bersumber kopi ini. Karnataka berkolaborasi dengan petani kopi dari wilayah yang berbeda tapi masih dalam lingkup Karnataka. Kopi dari Karnataka banyak yang diproduksi dari kota Chikmagalur. Chikmagalur adalah kota yang berada di kai bukit Mullayanagiri, lokasi yang digadang sebagai lahan kopi terkenal di India. Awalnya, produksi kopi di daerah ini sedikit, tapi karena orang menyukai kualitasnya lalu permintaan tinggi maka daerah ini mulai terkenal dan menambah produksi. Kopi dari Karnataka bernilai grade “A”. nilai yang paling baik bagi biji kopi.

Sumber: latimes.com

Sumber: latimes.com

Karakteristik dari kopi karnataka ini ialah manis (dengan profil light ketika roasting), dan selain manis akan memunculkan rasa kacang. Aromanya sangat clean dan ada sesuatu yang bisa membuat kamu ingin terus dekat-dekat dengan cangkir kopi karena wanginya yang harum. Kopi dengan medium body ini tingkat keasamannya rendah sehingga seringkali dikaitkan dengan kopi Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ada yang tertarik untuk mencoba?

Salam sruput!

About author

No comments

Sudah Benarkah Caramu Membuat Kopi?

Kalo kamu pencinta kopi sejati, tentunya kamu nggak cuma ngopi kalo di coffee shop aja dan sering membuat kopi sendiri di rumah. Tapi, tahukah kamu, ...