[KACF 2015] Bioskop Keliling Volume 5 – Day 1

0

Setelah proses open submission 1 bulan lebih, akhirnya Bioskop Keliling berhasil menentukan film-film pendek yang mampu merespon tema Piknik Perayaan Rasa. Tema tersebut dipilih untuk pemutaran film pendek volume yang ke-5 ini karena film adalah bentuk karya seni yang paling mudah untuk penonton terhubung langsung dengan cerita dan pengalaman yang disajikan di dalam film tersebut yang kemudian mampu berinteraksi dengan perasaan-perasaan penikmatnya.

Di Bioskop Keliling Vol.05, film yang ditampilkan tiap harinya akan dibagi menjadi 3 sesi yang menyesuaikan dengan eksplorasi rasa dari masing-masing film. Jadi, pastikan kamu catat jam dan tema sesinya supaya tidak ketinggalan film-film yang kamu mau tonton!

Short Film Screening Day 1 – Sabtu, 28 November 2015
PIC Creative Room, Kuningan City Level 2
(FREE ENTRY: Tunjukan tiket KACF 2015 untuk nonton)

Bioskop-Keliling-Vol5_Day-1_FINAL

Sesi 1: “Be amazed of little things”  – Mulai pukul 15:00

3 film pendek yang dipilih untuk sesi ini secara luas bercerita akan hal-hal normal yang kadang tidak terlalu menjadi perhatian di kehidupan kita. Dari film-film ini, pikiran kita akan dibuka akan betapa satu hal kecil, bisa mengeksplorasi rasa takjub dari setiap cerita yang disuguhkan.

1. Penjaga Cahaya – Hairil Saleh
Bercerita tentang tentang sebagian kecil kehidupan para penjaga mercusuar di sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Dari bagian kecil di kehidupan ini, siapa sangka pilihan hidup untuk menjadi manusia berguna terukur jelas dan luas?

2. Kode – Banu Wirandoko
Bercerita tentang sekumpulan anak SMA yang memutar otak berstrategi untuk mencapai satu tujuan: kelulusan bersama tanpa pandang bulu.

3. Iblis Jalanan – Salman Farizi
Film ini bercerita tentang pekerjaan yang dipilih oleh beberapa orang di suatu pusat hiburan rakyat yang ternyata tujuannya bukan hanya untuk menghibur orang lain. Film ini bercerita tentang passion, cita-cita, tujuan hidup yang seringnya menantang nyawa.

Sesi 2: “Uncomfortable comfort” – Mulai pukul 17:00

Di sesi ini, kami akan mengajak penikmat film memasuki eksplorasi perasaan ketidaknyamanan, ketakutan, kecemasan bahkan sampai ke taraf menjijikan. Melalui film-film di sesi ini perasaan di atas akan dirasakan langsung para penontonnya.

1. Begal – Yohanes Angga
Apa yang terjadi kalau satu kesalahan menjadi mimpi buruk seseorang? Apakah karma itu benar-benar ada dan menghantui siapa saja yang merugikan orang lainnya?

2. Lapar  – Ganiyu Rijal Yaris
Bercerita tentang bagaimana kelaparan menjadi pemicu konflik, pembuka tabir potret kehidupan yang berakhir memilukan. Tapi demi perut, apapun akan dijalankan termasuk kehilangan harga diri sebagai manusia.

3. Mengantuk Terketuk – Hibatullah Billy
Film yang disinyalir berdasarkan kisah nyata seorang pria yang berjuang menghadapi kecemasan dan ketidaknyamanan pada diri sendiri. Film ini akan mengajak kita melihat bagaimana ketidaknyamanan tadi menular bebas tanpa preten

Sesi 3: “Doubt” – Mulai pukul 19:00

Banyak hal mengenai agama, keyakinan, cinta dan system yang pada awalnya dibuat menjadi pagar penjaga hidup manusia yang kadang membuat konflik tersendiri di diri kita. Film-film di sesi ini akan mengeksplorasi konflik batin tadi, dikemas dengan ringan di cerita setiap filmnya.

1. Mencintai Nisan – Dmaz Brojonegoro
Apakah Tuhan itu seadil yang kita kira? Apakah agama bisa menjadi pemisah cinta padahal agama dibuat dari rasa cinta akan kehidupan ini? Film ini bercerita tentang sepasang kekasih yang akhirnya harus sadar bahwa dalam perjalanan manusia dan segala pilihannya, apapun bisa terjadi di luar rencana.

2. Sleep Tight Maria – Monica Vanessa Tedja
Bercerita tentang kehidupan gadis-gadis di sekolah khusus wanita yang sedang memasuki masa puber dan akhirnya menuju satu pertanyaan tentang cinta dan gairah; wajarkah kalau mereka berdua berkumpul mesra di bawah bendera agama?

3. Rock N Roll – Wisnu Surya Pratama
Percakapan dua sahabat yang menembus batas kenyamanan, tujuan hidup dan masa depan. Percakapan yang dibangun manis dan akhirnya menyelipkan pertanyaan; perlukah kehadiran cinta diantara mereka?

Lihat jadwal pemutaran Bioskop Keliling Volume 5 hari ke-2 di sini.

About author

No comments

Ini Bukan Foto!

Kopling udah beberapa kali nulis tentang lukisan bergaya photorealism. Nah, ada lagi nih pelukis yang menganut aliran ini dan nggak kalah hebohnya. Antonio Santin adalah ...