Quick Questions with Varsam Kurnia

0

Kopling sudah cukup lama berkenalan dengan Varsam Kurnia, seorang ilustrator yang dikenal lewat karya-karya figuratif berbasis cat air yang sangat indah. Selang beberapa tahun sejak perkenalan pertama, kami mengamati kalau sedikit demi sedikit gaya ilustrasi Varsam semakin eksploratif dan menarik! Meski masih berkisar seputar cat air, Varsam juga menambahkan elemen-elemen baru yang membuat karyanya terlihat semakin segar. Karena penasaran, kami melakukan sedikit tanya-jawab seputar eksplorasi karya baru ilustrator yang satu ini. Yuk disimak bareng!

Kopi Keliling (KK): Hai Varsam! Mengintip social media-mu, nampaknya lagi semakin aktif berkarya dan sangat eksploratif dengan adanya “penambahan” media yang dipakai. Dulu banget kan kamu cenderung fokus dengan cat air di atas kertas. Sekarang ada resin, bahkan doodling mixed media. Ada cerita apa nih di balik ini?

Varsam Kurnia (VK): Haloo, sebenernya lagi eksplorasi saja sih, telling stories in a different way. Dan sudah capek dalam bubble cat air itu sendiri (Karena medium ini unforgiving banget ahaha capek sendiri…). Dengan resin dan mixed media (collage, photoshop, gouache, dan lainnya) jadi lebih bebas aja dan intuisinya lebih jalan karena nggak harus mikirin, “Omg ini cat airnya gimana ya…” dan energinya bisa dipakai buat mikirin yang lain. And it’s much more fun too!

Dengan resin artwork, segi tiga dimensinya bisa jadi pengalaman sendiri dalam ngeliat karyanya, karena berubah-ubah kalau beda angle dan kayaknya agak jarang ada kombinasi lukisan cat air dan resin. Trial and error banget memang, baik dalam planning layering-nya dan aplikasinya sendiri, tapi i had fun in the process.

KK: Ceritain dong tentang Starguide enamel pin. Itu merchandise pertamakah? Dan apakah ini perpanjangan dari karya yang sama? Lalu, ceritanya tentang apa sih? Gimana pengalaman bikin dan jualan (apalagi soal jualan nih, buat crowdfunding juga ya).

VK: Iya ini merchandise pertama banget ahaha… Dia karakter dari salah satu lukisan saya, yaitu ‘Moonboy and His Starguide’, yang saya bawa ke Unknown Asia kemarin. Ceritanya sih lebih tentang gimana everyone needs help sometimes, bahkan bulan juga kadang butuh bantuan dan nggak ada salahnya untuk meminta bantuan itu sendiri.

Memang udah lama mau bikin label sendiri buat jualan merchandise, extension aja dalam storytelling-nya tapi dalam bentuk yang approachable dan trinkety gitu. Bisa dikoleksi dan narasinya nyambung satu sama lain. Karena kemarin ternyata lolos masuk Unknown Asia, jadi dibuat crowdfunding kecil-kecilan dari penjualan enamel pin itu untuk ngebantu biaya selama di sana (Jepang). Dan untungnya orang disini lumayan responsive and I am really thankful for their support! Ke depannya itu semua (merchandise) akan di bawah label Somethingstokeep, more stuff is coming yang temanya celestial dan the human condition. Lagi diproduksi saja, jadi monggo di-follow account-nya di @somethingstokeep.

KK: Karya-karyamu kan figuratif dan cenderung portrait. Kalau diperhatikan dari dulu, selalu ada karakter manusia/wajah dalam karya. Biasanya milih bentuk wajahnya seperti apa sih? Apa itu semua ada orang aslinya (muse mungkin), khayalan, sengaja bikin karakter fiktif, atau gimana?

VK: Jujur nggak pernah mikirin banget, lebih intuisi saja muka yang cocok gimana untuk lukisannya. Tetap mulainya dari sketsa awal dan dikembangin dari situ. Tapi bakal tetap punya referensi kalo mau ngomogin technicality, untuk guide lighting, dimensi, dan lainnya, supaya mukanya nggak jatuh jadi generic dan plastic looking.

KK: Hanya dalam 3 kata, gambarkan pengalaman kamu ikutan UNKNOWN ASIA lalu…

VK: crazy, sobering, dan unforgettable.

KK: Last one. Untuk saat ini, detik ini, kamu itu seniman, ilustrator, atau apa?

VK: Gw rasanya sekarang ilustrator yang side job-nya seniman. Atau sebaliknya? Hmmm…

 

Yuk intip lebih dalam tentang Varsam Kurnia di: @varsamkurnia

About author

No comments