[Catalyst Arts] Q&A with Ykha Amelz

0

Buat kamu yang aktif di ranah seni visual dan musik, pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Ykha Amelz. Ilustrator yang juga berprofesi sebagai penyanyi ini sudah malang melintang di dua dunia sekian lama. Sebagai seorang ilustrator, Ykha sudah sering berkolaborasi dengan banyak brand ternama dan namanya juga sudah sering diberitakan oleh banyak media.

Catalyst Arts berkesempatan untuk melakukan wawancara singkat dengan ilustrator yang saat ini sedang memamerkan karyanya di Dialogue Artspace. Yuk kita simak bareng!

CA: Selain berprofesi sebagai seorang ilustrator, kamu juga merupakan seorang penyanyi. Apa rasanya berada di dua dunia yang berbeda dan profesi mana yang sebenarnya lebih disukai? Karena ilustrator bekerja dan menghasilkan karya dalam kesendirian, sementara sebagai seorang vokalis kamu harus siap sedia tampil di depan banyak orang dan beraksi dinamis.

YA: Rasanya betul-betul lepas. Sebagai ilustrator saya bisa menikmati waktu sendiri saya dan mengekspresikan sesuatu dari diri sendiri. Sementara ketika di panggung saya bisa terbawa adrenalin dan terhanyut oleh energi dari penonton dan personil band yang lain, saling berefleksi.

CA: Material apa yang paling sering kamu pakai dalam berkarya?

YA: Pensil dan cat akrilik di kertas atau kanvas, atau digital coloring.

CA: Ada pengalaman paling nggak terlupakan bersama Babbot Anak Nakal?

YA: Terlalu banyak sih pengalaman dengan dia, tapi paling berkesan ketika dia melahirkan dan saya selama 2 bulan (hampir tidak tidur) bantu rawat bayi-bayinya.

CA: Ceritain sedikit dong soal pameran terdekat kamu di Dialogue Artspace. Kira-kira karya seperti apa yang kamu pamerkan?

YA: Pameran kali ini lumayan personal karya-karyanya baik dari aku, Ines, dan Natisa karena kita bertiga diberi kebebasan untuk mengeksplor dari segi self-discovery
kita masing-masing. Karyaku kali ini mungkin akan terlihat berbeda dari lukisan-lukisanku yang sebelumnya dominan menggunakan pensil, kali ini saya lebih memberanikan diri memilih dan menggunakan warna-warna yang dominan. Babbot juga perannya semakin dominan di pameran kali ini hihihi..

CA: Cita-cita masa kecil dulu apa sih? Apakah sama dengan yang sedang dilakukan saat ini?

YA: Dulu antara mau jadi ilustrator atau guru TK. Salah satunya terwujud. 🙂

CA: Saran terbaik tentang hidup yang pernah didapatkan dan dari siapa?

YA: Dari yanda dan bunda saya. Ayah saya bilang “Yang penting kalau mau melakukan apapun niatnya harus baik. Berbuat baik itu adalah hal yang utama.” dan ibu saya menambahkan “Jangan lupa juga untuk selalu ikhlas.”

 

Foto: ykhaamelz

About author

No comments