Broadway Cinematheque, Hong Kong

0

Hong Kong adalah sebuah negara dengan industri perfilman yang sangat kuat. Pada tahun 80an sampai 90an, sinema Hong Kong begitu terkenal dan merajai Asia, bahkan diakui secara internasional. Seperti yang dapat diharapkan pada negara yang perfilmannya maju, Hong Kong memiliki banyak bioskop. Ada lebih dari 50 bioskop yang dioperasikan oleh kurang lebih 7 perusahaan. Masing-masing bioskop ini juga memiliki spesialisasi tersendiri, ada yang hanya memutar film-film Mandarin, film Hong Kong dan ada yang spesialis memutar film-film Hollywood.

Namun salah satu bioskop yang paling spesial dan menonjol di Hong Kong adalah Broadway Cinematheque. Terletak di daerah Yau Ma Tei, bioskop kecil yang didirikan tahun 1996 ini memang memiliki fokus untuk memutar film-film independen dari seluruh dunia. Walaupun pada tahun-tahun berikutnya Broadway Cinematheque juga mulai memutar film-film Hollywood, namun bioskop ini tetap merupakan tempat dimana kamu bisa menyaksikan film-film yang tidak bisa kamu jumpai di bioskop lain di Hong Kong. Pada saat berkunjung ke Hong Kong, gue sempet ngerasain nonton di sini. Film yang kita tonton waktu itu adalah Moonrise Kingdom karya Wes Anderson.

Broadway Cinematheque hanya terdiri dari 4 houses (sebutan mereka untuk theatre) kecil dan 640 kursi. Kapasitas yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan kebanyakan bioskop-bioskop di Indonesia. Namun film-film yang diputar di sini dijamin akan membuat pencinta film di Indonesia iri hati. Selain memutar film-film indie dari seluruh dunia, Broadway Cinematheque juga rutin mengadakan festival-festival kecil yang menarik.

Namun bukan hanya film-film yang diputar yang membuat Broadway Cinematheque menarik. Di kompleks Broadway Cinematheque ini juga terdapat sebuah cafè/toko buku/film/musik/pernak-pernik yang bernama Kubrick. Dapat dikatakan bahwa toko ini adalah surganya pencinta film. Kamu bisa menjumpai banyak sekali film dalam bentuk DVD dan Blu-Ray dari seluruh dunia yang dikelompokkan berdasarkan sutradaranya. Koleksi CD original soundtrack-nya juga sangat lengkap dan menarik. Selain itu, kamu juga bisa membeli banyak sekali koleksi poster dan flyer-flyer film yang menarik. Para pencinta film yang ke sini harus ekstra hati-hati, karena kalo tidak pandai mengontrol diri, pasti akan menghabiskan banyak sekali uang di sini.

Kalau kamu berkunjung ke Hong Kong, apalagi bagi para pencinta film, sempatkanlah untuk mampir dan nonton film di sini. Dijamin akan menjadi sebuah pengalaman yang berbeda. Wah, kapan ya kira-kira ada tempat semacam ini di Indonesia?

Broadway Cinematheque
Prosperous Garden, 3 Public Square Street, Yau Ma Tei, Kowloon
Tel +852 2388 0002.

 

Artikel oleh: @Jhadiprojo

About author

No comments

5 Coffee Shop Terunik pt.1

Buat kamu pecinta kopi, pasti suka kan nyobain tempat-tempat kopi baru. Apalagi kalau ada tema-tema yang unik! Nah, Kopling mau ajak kamu melihat beberapa coffee ...