Creative Chef ini Mengubah Hidangan Sehari-hari menjadi Mahakarya

0

Memasak adalah proses kreatif, apalagi ketika seorang chef bisa memberikan sentuhan khas yang membuat hidangannya berbeda. Tapi, ada kalanya masa jenuh datang apalagi saat harus membuat hidangan yang sama sebanyak ratusan atau ribuan kali. Mungkin itu awalnya yang membuat Jasper Udink ten Cate mundur dari profesinya sebagai “chef pada umumnya” untuk mengejar mimpinya menjadi seorang creative chef di mana ia memadukan keahliannya memasak dengan passion-nya terhadap seni untuk menciptakan setiap hidangan bagaikan sebuah mahakarya seni.

creative-chef-zeef-3134-lr

Sejak berprofesi sebagai freelance chef, Jasper membuka pesanan katering yang menunya selalu disesuaikan dengan karakter pemesannya. Sebelum memutuskan apa yang akan dimasak, ia selalu ngobrol dulu dengan pemesan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mereka sukai dan seperti apa keseharian mereka. Layaknya sebuah karya seni, bagi Jasper hidangan yang ia masak juga harus bercerita. Dengan demikian, apa yang ia buat akan diingat selamanya.

2015-10-25-creative-chefddw-9133-def

Mimpinya nggak hanya berhenti sampai di situ. Awal tahun ini Jasper menerbitkan buku Creative Chef yang berisi foto-foto dan resep makanan agar menginspirasi mereka yang senang memasak untuk bisa mengubah hidangan sehari-hari menjadi pengalaman dining yang nggak terlupakan. Buku ini mengajak kita untuk lebih sedikit memikirkan resep dan fokus bereksperimen terhadap proses masak itu sendiri.

creativecheffrontenlr

bestand-15-02-16-13-28-08

Jasper mengaku mimpinya adalah untuk mengadakan pameran di MoMa, dan buku ini merupakan langkah awal untuk mencapai mimpinya itu. Ia juga nggak bekerja sendiri di Creative Chef, karena menurutnya proyek ini bukanlah tentang diri sendiri, tapi tentang hal-hal yang bisa ia ciptakan bersama dengan orang lain. Di samping Jasper sendiri, Creative Chef merupakan kolektif yang terdiri dari desainer, ilustrator, fotografer, desainer grafis, dan arsitek.

Bayangkan kalau Jasper bekerja sendiri, belum tentu pencapaiannya sekarang bisa sejauh ini. Memang dibutuhkan kolaborasi di banyak bidang untuk bisa menghasilkan karya keren.

Cek profil Jasper Udink ten Cate di sini: Website | Instagram

Gambar: designindaba.com
Featured image: vice.com

About author

No comments

Kejahatan Lukisan

Siapa sih yang nggak butuh uang? Semua orang juga butuh, tapi ada yang nyarinya dengan cara yang halal ada dengan cara yang haram. Salah satunya ...