Visual Terbaru Rasa-rasa Kopi dalam Bentuk Pohon

0

Selama ini, coffee cupper profesional selalu mengacu pada Coffee Taster’s Flavor Wheel ketika sedang menganalisis dan mengidentifikasi rasa-rasa kopi. Flavor Wheel yang dikembangkan oleh Sensory Analysis Center di Kansas State University (KSU) ini juga diakui sebagai hasil kolaborasi yang luar biasa antara sains dan industri dalam menciptakan representasi visual kosakata rasa.

SCA_flavor_wheel-620x426

Tapi, sebuah artikel dari Journal of Sensory Studies yang dibuat oleh Society of Sensory Professional menunjukkan bahwa kosakata tersebut hanya menggambarkan karakteristik yang diambil dari 105 sample kopi yang sudah diuji. Sementara visual tersebut haruslah menjadi dokumen “hidup” dengan adanya penambahan atau modifikasi, layaknya sebuah kamus, ketika ada karakteristik baru yang ditemukan.

Karena itulah tim KSU menciptakan visual dalam bentuk pohon untuk lebih memahami hubungan antara berbagai kategori dan karakteristik individu di dalam kosakata tersebut. Hasilnya, jadilah Coffee Taster’s Flavor Tree berikut ini:

coffee_flavor_tree

 

Gambar: dailycoffeenews.com
Featured image: keurig.com

 

About author

No comments

Hysterical Literature: Orgasme dari Membaca

Sebuah karya unik dan kontroversial dari seniman Clayton Cubitt yang diberi judul “Hysterical Literature” dipamerkan di “Bibliotechaphilia” di Mass of MoCA bulan ini. Seperti yang ...