Prediksi Tren Kopi Global Tahun 2017

0

Beberapa tahun lalu mungkin hanya sedikit orang yang sudah mengira kalau dunia kopi bisa booming seperti sekarang. Kopi memang sudah menjadi minuman wajib orang Indonesia sejak dulu, tapi perkembangan specialty coffee sangat terasa pesat belakangan ini. Kita bisa melihat dengan semakin banyaknya pertumbuhan kedai kopi lokal, micro-roasters, penggunaan specialty coffee di banyak kedai kopi, dan kreasi alat kopi yang semakin beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan para pencinta kopi.

Hal ini membuat kita mungkin semakin bertanya-tanya dan berharap: hal menarik apa yang selanjutnya ditawarkan oleh dunia kopi? Menurut beberapa sumber yang Kopling temukan, berikut prediksi tren kopi yang akan semakin booming di tahun depan.

Cold brew coffee

Di berbagai belahan dunia, cold brew coffee telah menjadi minuman yang nggak hanya dimiliki kedai kopi kecil tapi juga coffee chain besar. Minuman ini juga menyegarkan banget buat negara tropis seperti Indonesia, dan telah menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan cocktail, terutama di Amerika Serikat.

Signature coffee

Sepertinya juga akan semakin banyak barista membuat signature drink yang hanya bisa ditemui di kedai kopi tempat mereka berada. Seru nih kalau memang iya, bisa membuat kita lebih eksplorasi rasa dan melihat ciri khas yang dituangkan para barista ke minumannya!

coffee-trend-2017

Kemurnian air

Barista kenamaan kelas dunia hanya menggunakan air terbaik untuk minuman kopinya, dan mengingat 98% elemen dari kopi adalah air, rasanya pantas untuk dibilang kalau air memegang peranan sangat penting dalam menghasilkan rasa kopi yang nikmat. Konon sekarang semakin banyak kedai kopi yang menggunakan filter air berkualitas. Bagaimana dengan di Indonesia? Kita lihat saja.

Kedai kopi lokal semakin berkembang

Nggak cuma di kota-kota besar di Indonesia, pertumbuhan kedai kopi lokal juga dirasakan di seluruh dunia. Sekarang semakin banyak peminum kopi yang memilih kedai kopi lokal karena bisa lebih intim dengan semua yang bekerja di kedai kopi tersebut, termasuk pemilik, dan bisa mengetahui lebih dalam dari mana kopi mereka berasal.

Minuman kopi teh, atau teh kopi?

Menu-menu baru seperti coffee-infused tea atau tea-infused coffee semakin merajalela. Entah apakah maksudnya untuk menarik perhatian para pencinta kopi dan teh, tapi rasanya kedua hal ini akan berjalan bareng secara harmonis.

 

Kalau prediksimu sendiri, tren kopi tahun 2017 akan seperti apa? Share yuk di comment box di bawah!

 

Gambar: dmarge.com
Featured image: youtube.com

About author

No comments

Investasi Seni: Amankah?

Katakanlah kamu seseorang yang ingin berinvestasi, bagaimana cara kamu dan apa yang akan kamu jadikan investasi? Menabung di bank mungkin cara yang paling aman, tapi ...