[KACF 2015] DIVERSE Exhibition: Do A Store

DO jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah “melakukan sesuatu”, sementara STORE memiliki arti “toko”. Do A Store bila digabungkan akan memiliki arti “membuat sebuah toko”, tetapi jika DOA digabung juga memiliki arti sebuah doa atau harapan bagi kaum muda yang ingin menjadi seorang seniman. Tidaklah mudah bagi seorang seniman untuk dapat mendekatkan atau memperkenalkan karyanya ke publik, terutama kolektor, apalagi jika seniman tersebut masih baru memulai karier di dunia seni rupa. Sebagai awal mula, seniman harus mendekatkan dan memperkenalkan lebih dulu karyanya ke calon konsumen dengan membuat beragam merchandise.

Berangkat dari konsep tersebut, Muchlis Fachri bersama dengan ketiga temannya dari kelompok seni Saudara Jauh Art Initiative memutuskan untuk membuat pameran instalasi seni dalam bentuk sebuah toko bernama “Do A Store”, berisi karya yang dapat dikoleksi untuk publik dari segala kalangan.

Do A Store akan menjadi toko “berjalan” yang menjadi tempat bertemunya para pembeli dan penjual, dalam hal ini adalah seniman dan publik penikmat seni. DO, yang bila berada di tangga nada adalah tangga nada pertama, juga menjadi filosofi pameran ini yang berarti proyek ini merupakan tonggak awal seniman sebagai individu maupun secara kelompok untuk bisa memperkenalkan apa yang bisa dibuat dan dijual agar menjadi salah satu sumber perekonomian seniman untuk bisa tetap survive menekuni bidang seni visual.

SOCMED-700px---artist-typo-D

Periode Pameran
28-29 November 2015

Artist Talk
28 November 2015

Tempat
Kuningan City, Jakarta

Tentang seniman

Muchlis Fachri, yang akrab dipanggil Muklay, adalah seniman kelahiran Jakarta. Ketertarikannya terhadap seni visual muncul sejak ia mengambil kuliah di Universitas Negeri Jakarta. Selain berkarya secara pribadi, Muklay juga merupakan founder dari Junk Not Dead, sebuah brand yang aktif menjual art merchandise. Ia dan teman-temannya juga mendirikan inisiatif seniman kolektif yang berasal dari berbagai latar belakang seni visual dan kota, yaitu Saudara Jauh Art Initiative.

Bersama dengan ketiga temannya yang tergabung dalam Saudara Jauh Art Iniatiative, yaitu Mustafa Kamal Syahputra, Riezky Putra, dan Sarah Fidiyanti, Muklay dan kawan-kawan akan merespon huruf “D” dari pameran DIVERSE.

Tentang DIVERSE

D for DO A STORE by Muchlis Fachri x Saudara Jauh Art Initative (Mustafa Kamal Syahputra, Riezky Putra & Sarah Fidiyanti)
I for INCLUSION by Heimlo Studio
V for VISIT by Rukmunal Hakim x Kuteken Print Shop
E for EQUAL by Octo Cornelius
R for RUMAH by Diela Maharanie x Prasajadi Heru Lastiko & Nady Azhry
S – for SELEBRASI by KAR (Tania Kardin & Diedra Kanya) x Atelir TE (Emeraldi Kumastyo Paramaeswara &Fitri Meilani Syamsun)
E – for EKSEMPLAR by Grafis Huru Hara

About author

Plaza Desain Osmosis 2012

Berita menggembirakan buat kamu yang suka dengan desain dan visual. Ada acara yang namanya Plaza Desain yang sebentar lagi akan diselenggarakan di Galeri 678, Kemang, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official