Jaket ini Didesain untuk Tuna Wisma Terima Donasi Tanpa Kabel

0

Dengan semakin sedikitnya orang yang pergi ke luar membawa uang tunai, para desainer di Agency N=5 yang berlokasi di Belanda mencoba membuat prototipe dalam bentuk jaket yang membuat kita tetap dapat memberikan donasi kepada tuna wisma tanpa harus menyiapkan uang tunai.

Ide jaket ini terinspirasi dari dua hal. Kata Merel Hoogendorp, salah satu anggota tim yang menciptakan jaket tersebut, inspirasi pertama datang dari kebiasaan kita yang sekarang ini jarang membawa uang tunai. Kedua, ia merasa masih banyak orang yang ingin membantu para tuna wisma tapi merasa kalau memberikan uang langsung ke mereka itu sama saja seperti mendukung adiksinya, jelasnya.

Prototipe ini memiliki alat pembayaran di dalam jaket tebal, jadi seseorang cukup memberikan donasi dengan melakukan tap kartu ke kantung jaket. Uangnya kemudian ditransfer ke akun bank yang dikelola oleh tempat penampungan tuna wisma. Dengan demikian, para tuna wisma hanya dapat menebus donasi di tempat penampungan resmi. Hoogendorp juga mengatakan kalau uang tersebut nggak akan diberikan dalam bentuk uang tunai, tapi hal-hal penting seperti tempat untuk bermalam, tempat mandi, makanan, atau bahkan untuk pelatihan pengembangan diri dan menabung.

Saat ini tim dari N5 sedang bekerja dengan tempat penampungan tuna wisma dan bank lokal, tapi juga masih mencari mitra untuk berkolaborasi menciptakan produk tersebut.

Gimana menurutmu idenya? Apakah kira-kira bisa diimplementasikan dengan baik?

 

Gambar: gizmodo.co.uk dan odditycentral.com
Featured image: odditycentral.com

About author

No comments

Polling: Kebiasaan minum kopi pt.1

Kopling mau mulai bikin rubrik baru nih buat website kopikeliling.com, yaitu rubrik Polling! Kenapa malah bikin Polling pling? Kenapa gak bikin pameran lebih sering aja sih ...