Melodi Piano Tertua yang Masih Ada di Dunia

0

Piano adalah salah satu instrumen terpenting dalam musik, baik itu bagi para pencipta lagu, pemain musik, dan pendengarnya. Memiliki spektrum oktaf dan nota yang cakupannya sangat luas, piano memiliki kemampuan untuk mengungkapkan perasaan atau inspirasi musik dari genre apapun.

Bartolomeo Cristofori, penemu piano, sudah menciptakan instrumen ini sejak sekitar abad ke-18. Bukti pertama keberadaan piano ditemukan pada tahun 1700, yang pada saat itu disebut sebagai harp harpsichord.

Sayangnya, instrumen pertama ini sudah hilang, dan kini piano tertua yang masih ada merupakan model lain yang dibuat oleh Cristofori di tahun 1720. Pada video di bawah ini, kamu bisa mendengar seperti apa melodinya saat pianis Dongsok Shin memainkan Sonata No 6 oleh Lodovico Giustini. Giustini diyakini merupakan pencipta lagu pertama yang menciptakan karya untuk dimainkan di piano: 12 sonata yang diterbitkan di Florence tahun 1732.

Kalau nggak ada piano, pasti dunia musik akan sangat berbeda sekarang ini.

About author

No comments

Ketika Banksy Mendesain Sebuah Art Hotel…

Apa yang terjadi ketika Banksy mendesain hotel? Penuh dengan pernyataan politis, pastinya. Street artist yang satu ini baru saja menyelesaikan proyek terbarunya, “Walled Off Hotel”, di mana ...