Memetakan Tenaga Matahari

0

Union of Concerned Scientists atau perkumpulan para ilmuwan yang peduli di Amerika Serikat memperkirakan bahwa kurang lebih 100 kali 100 meter persegi “pertanian solar” di Amerika sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan energi listrik dari seluruh negeri.

Berawal dari pemikiran ini, mulai dari tanggal 19 May 2013 seorang seniman media dan aktivis, Joseph DeLappe menciptakan sebuah karya baru yang melibatkan sepeda dan kapur tulis, dan memulai perjalanannya dengan sepeda itu sepanjang 400 mil melingkupi daerah percobaan Nevada (Nevada Test Site), Area 51, Gunung Yucca, dan daerah Angkatan Laut Nellis yang semuanya berlokasi di utara Las Vegas, Nevada. Perjalanan DeLappe ini juga melibatkan Blue Mars Lite, teknologi GPS, live streaming video untuk dokumentasi secara real time agar orang-orang dapat mengikutinya perkembangannya secara online. Proyek ini diberi nama “Project 929”, karena lokasi tempat DeLappe memulai perjalanannya itu adalah lokasi tempat 928 tes nuklir dilakukan sejak tahun 1951 sampai 1952. Hingga kini, tempat tersebut terus menjadi lokasi untuk uji coba bom, pelatihan militer, serta pengembangan senjata, teknologi, dan energi.

Untuk bahan bakar yang digunakan selama perjalanan, DeLappe menciptakan sel solarnya sendiri yang diletakkan di sepedanya agar dalam melakukan rekaman melalui video dan live streaming, meskipun di beberapa tempat sinyal menghilang. Sebuah kamera GoPro diletakkan di belakang sepeda, gunanya agar kamera tersebut dalam merekam dengan pandangan “orang ketiga”. Kamera kedua difokuskan untuk merekam gambar yang dibuat oleh kapur di sepanjang jalan, dan kamera ketiga diletakkan di atas helm sepeda DeLappe.

joseph-delappe

Dalam Project 929 ini, DeLappe dibantu oleh Manifest AR (Augmented Reality) yang mengembangkan aplikasi untuk smart phones dan tablets portable untuk membuat dokumentasi perjalanan sepanjang 460 mil itu, juga mengambil foto-foto dari DeLappe ketika bersepeda. Manifest AR adalah sebuah kelompok yang terdiri dari para seniman yang menggunakan teknologi sebagai karya seni, dan anggotanya tersebar di seluruh dunia, meliputi New York, Venice, Istanbul, Beijing, Cairo, Copenhagen, Tokyo, dan Berlin. Mereka juga sudah sering mengadakan proyek, pameran, dan intervensi di seluruh dunia.

project929

Project 929 ini juga didukung oleh beberapa perusahaan dan organisasi, seperti College Cyclery, The Reno Bike Project, Xtracycle, Inc., Digital Media Studio dari The University of Nevada, Reno, Center for Art+Environment, Nevada Museum of Art, GoPro, Blue Mars, Voltaic Systems, Brooks England LTD.

Project929

Project 929 memfokuskan diri pada dialog, interaksi, pengetahuan, dengan harapan bahwa pada suatu hari akan ada pertimbangan yang serius dari pihak pemerintah Amerika untuk menggunakan tenaga matahari (solar) sebagai alternatif di Amerika Serikat.

Ide DeLappe ini bukan semata-mata untuk menunjukkan kalau tempat tersebut adalah lokasi terbaik untuk instalasi tenaga matahari, tapi ia sebenernya cuma ingin supaya apa yang dia lakuin itu dibicarain sama banyak orang. DeLappe ingin menyampaikan supaya pemerintah dan orang-orang bisa menggunakan tempat tersebut untuk memenuhi kebutuhan negara yang lebih baik, misalnya dengan memanfaatkannya menjadi tempat yang menyediakan energi untuk seluruh negeri.

DeLappe percaya kalau semua orang bersatu pasti bisa mencari solusi keberlanjutan energi sebagai alternatif dari apa yang sekarang kita pakai. Dan DeLappe berpikir bahwa ini adalah salah satu cara yang mungkin untuk mengarah ke solusi itu.

Mungkin kamu tertarik melakukan hal serupa untuk mewujudkan idemu di Indonesia?

No comments

Persiapan Seorang Barista

Kata “barista” itu berasal dari bahasa Italia buat orang-orang yang menyiapkan minuman di belakang meja. Nggak ada bedanya sama bartender, cuma kalo barista kerjanya nggak ...