Sejarah Coffee Shop pt.3

0

Setelah kemarin sempet cerita tentang sejarah coffee shop di Inggris, sekarang Kopling mau bercerita tentang sejarah coffee shop di Italia. Wah, ini pasti nggak kalah serunya!

Florian Cafe Italy

Caffe Florian

Menurut catatan sejarah, coffee shop tertua di Italia adalah Caffe Florian yang terletak di Procuratie Nuove, Venice, dan didirikan pada tahun 1720 oleh Floriano Francesconi. Coffee shop ini hanya punya 2 ruang dan inilah coffee shop di Italia saat itu yang mengijinkan para perempuan untuk masuk. Pengunjung tetapnya adalah orang-orang hebat, seperti Lord Byron, Marcel Proust, dan Charles Dickens. Pada pertengahan Abad 18, Caffee Florian menambah 2 ruang lagi.

Saat ini, Caffe Florian nggak cuma ada di Italia, tapi juga sudah membuka cabang di London, Abu Dhabi, dan Dubai. Semua Caffe Florian secara eksklusif menggunakan mesin espresso buatan Elektra.

Antico Caffe Greco

Antico Caffee Greco

Dua puluh tahun setelah Caffe Florian berdiri, sebuah coffee shop yang nggak kalah kerennya dibuka di Roma. Antico Caffe Greco ini adalah coffee shop tertua kedua setelah Caffe Florian. Para tokoh sejarah yang jadi pengunjung tetap di coffee shop ini aantara lain adalah  Stendhal, Goethe, Bertel Thorvaldsen, Mariano Fortuny, Byron, Franz Liszt, Keats, Henrik Ibsen, Hans Christian Andersen, Felix Mendelssohn, Morrissey, Wagner, Levi, María Zambrano, bahkan Casanova pun sering ngopi di sini. Banyak banget ya? Pada tahun 2013 Caffee Greco ini menjadi salah satu lokasi yang ditulis dalam novel “The Cana Mystery”, sebuah novel thriller karya David Beckett yang terkenal, dan hingga hari ini coffee shop tua ini masih menjadi tempat “pelarian” para penulis, politisi, seniman, dan orang-orang penting di kota Roma.

Baratti & Milano Caffe

Baratti & Milano Caffe

Baratti & Milano Caffe yang berada di Turin adalah salah satu coffee shop tercantik di Italia dan didirikan pada tahun 1858 oleh Ferdinando Baratti dan Edoardo Milano dengan nama “Fornitore della Real Casa”. Coffee shop ini kemudian pindah di tahun 1875 ke Piazza del Castello dan Galleria Subalpina hingga hari ini. Pada tahun 1969 tempat ini menjadi lokasi shooting film “The Italian Job”. Pastinya kamu semua tau dong film ini?

Pedrocchi Cafe

Pedrocchi Cafe

Sementara Pedrocchi Cafe yang berlokasi di Padua dan dibuka oleh Franceso Pedrochin pada tahun 1760 adalah salah satu coffee shop terbesar di dunia. Hingga hari ini, coffee shop ini masih menempati sebuah bangunan yang megah dan semua ruangannnya didekorasi dengan berbagai gaya. Adalah Guiseppe Jappelli, seorang arsitektur terkenal, yang membangun gedung dan coffee shop ini. Pada tahun 1848 Pedrocchi Cafe menjadi pusat kerusuhan yang terjadi saat itu, sekaligus menjadi tempat pertemuan para seniman besar seperti Stendhal, Lord Byron, dan Dario Fo.

Yang menarik dari sejarah coffee shop di Italia ini adalah semua coffee shop bersejarah itu masih berdiri dan beroperasi. Ini menandakan sistem manajemen mereka yang sangat baik, termasuk perawatan gedung. Museum di Indonesia saja nggak sebaik ini mungkin perawatannya. Sangat disayangkan, memang.

Hal kedua yang menarik adalah betapa para orang-orang hebat di jaman itu mau melakukan perjalanan ke Italia demi secangkir kopi, baik mereka yang dari Perancis, Inggris, maupun Jerman.

Ah, orang hebat memang sudah seharusnya sebegitu cintanya terhadap kopi ya?

 

Sumber foto: wikimedia.org, qph.cr.quoracdn.com, tarzmeselesi.net dan beberapa sumber lainnya

No comments

Kesayangan Para Pelukis Kelas Dunia

Banyak orang yang bilang, bahwa orang yang sayang dengan hewan itu biasanya orang baik. Hmmm. Bisa jadi sih, tapi yang pasti, hewan peliharaan itu memang ...