Belly Body Painting

0

Meskipun mempunyai anak itu bukan tujuan utama orang untuk menikah, tapi nggak bisa dipungkiri bahwa orang yang baru menikah pasti ingin mempunyai keturunan. Ya kan?

Article-alg_mariah_belly

Mariah Carey dan lukisan di atas perut hamilnya

Nah, kalau kita di Indonesia biasanya menyambut kelahiran sang buah hati dengan upacara-upacara adat, orang Amerika juga punya “baby shower”. Dan nggak cuma itu, sekarang mereka juga punya cara lain untuk mengekspresikan kebahagiaan mereka saat menyambut kelahiran sang bayi. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Mariah Carey dan Alanis Morisette. Apa sih yang dilakukan oleh para calon ibu ini?

hilary-duff-435

Hillary Duff dan lukisan di atas perut hamilnya

Mereka menggambari perut mereka yang buncit dengan gambar-gambar yang berisikan pengharapan tentang si anak, atau juga bisa dengan inisial calon nama anak. Yang menggambari bisa si calon ibu itu sendiri, atau ada juga orang yang memang berprofesi sebagai “pelukis perut”. Menurut calon para ibu ini, perut yang besar itu seperti sehelai kanvas.

Ada yang memilih untuk perutnya dilukis dengan cat biasa, ada juga yang lebih memilih Henna. Tradisi melukis dengan Henna ini konon sudah ada sejak jaman Mesir kuno dulu. Para ahli sejarah pernah menemukan mumi berusia lima ribu tahun dengan bekas-bekas Henna di tangannya. Henna kemungkinan merupakan hadiah dari Mesir untuk India, karena di negara ini Henna juga menjadi bagian dari ritual dan upacara kebudayaan selama berabad-abad. Henna merupakan kosmetik tradisional bangsa Yahudi dan Muslim sejak dulu, dan telah menyebar ke berbagai negara Muslim, terutama Moroko.

Bump-Painting-Alanis-Morisette

Alanis Morisette dan lukisan di atas perut hamilnya

Salah seorang pelukis yang mengkhususkan diri sebagai pelukis perut, Kaci Story, mengatakan bahwa melukisi perut dengan henna itu jauh lebih memakan waktu ketimbang dengan cara yang biasa. Kadang dibutuhkan waktu delapan jam sampai lukisan itu selesai, karenanya Kaci nggak mau sembarangan memenuhi panggilan para ibu yang ingin perutnya diperindah, tapi mereka harus diseleksi dulu melalui sebuah wawancara. Salah satu kliennya adalah Alanis Morisette.

Ada juga seorang seniman, Luo Quianxi, yang menggambari sendiri perutnya saat mengalami kehamilan.

b4d6a99a-9282-47cc-97f3-ccf3e08b5fab-317x480

ea61ea28-4624-4267-a7b8-00ab2df80c95-359x480

Luo Quianxi dan lukisan di atas perut hamilnya

Eh, tapi ternyata seni melukis perut ini juga ada di Bali, lho. Salah satu pelukisnya adalah Florie Valencia Quincampoix yang belajar seni dan sejarah di Perancis, sebelum akhirnya dia hijrah ke Ubud. Bersama-sama dengan temannya yang adalah fotografer, Tania Won, keduanya lalu membuka studio untuk melukisi perut ibu-ibu hamil. Mereka juga dapat melayani para klien di hotel, di rumah, bahkan di sawah! Harga yang ditawarkan? Rp 1.600.000 dan itu sudah termasuk 15-30 foto yang bisa disimpan. Di Amerika Serikat, orang harus membayar $30 – $800 tergantung lokasi, desain, dan ukuran gambar. Mahal juga ya?

send_Tania-12_1

Salah satu lukisan di atas perut hamil karya Florie Valencia Quincampoix

Kalau kamu punya kenalan ibu yang sedang mengandung dan perutnya ingin kamu jadikan eksperimen untuk melukis, yang harus sangat kamu perhatikan adalah cat yang digunakan. Gunakan cat yang aman bagi kulit, sebaiknya yang memang dibuat untuk kosmetik atau kecantikan.

Tertarik?

Sumber gambar: Little Step Asia dan beberapa sumber lainnya

No comments

[OPEN SUBMISSION] ACEMART 2016

Ace House Collective mengundang kawan-kawan konsumtif untuk berpartisipasi dalam projek ACEMART 2016. ACEMART: GROSIR SENI adalah pembacaan ulang atas peran seniman, karya, publik, dan pasar. ...