Penemuan Tak Terduga Selama 2013

0

Bulan September kemarin, Kopling pernah cerita tentang beberapa lukisan terkenal yang menghilang dan ditemukan. Ternyata, selama tahun 2013 juga udah banyak ditemukan lukisan-lukisan yang ngumpet di tempat-tempat yang nggak terduga. Wah!

The Last Words, karya Eugene Delacroix

2013-10-31-SBDelacroix

Pada suatu siang, beberapa orang pelajar yang sedang berbikini ria di sebuah kedai makanan Meksiko di tepi pantai di Santa Barbara menemukan lukisan yang sedang bersembunyi di tempat itu. Diperkirakan sih pemilik kedai makanan itu juga nggak tau bahwa lukisan itu lukisan yang mahal. Begitulah, memang. Kadang kita suka nggak sadar ya, bahwa yang kita miliki itu berharga sampai akhirnya ditemukan oleh orang lain…

Marie de’Medici, karya Peter Paul Rubens

o-RUBENS-FOUND-570

Lukisan berukuran 10.8cm x 8.9cm ini dibuat pada Abad 17. Nggak ada yang pernah tahu sebelumnya bahwa lukisan itu selama ini tersimpan dalam sebuah lemari di University of Reading. Berapa sih memangnya harga lukisan sekecil itu? Nggak kurang dari $110.000.

Landscape with Rainbow, karya Joseph Wright

o-LOST-WRIGHT-PAINTING-570

Lukisan ini sudah menghilang selama 2 abad, sampai seorang keluarga yang beruntung mendapat warisan lukisan ini dan mereka jual dengan harga $250.000 dalam sebuah lelang. Padahal lukisan ini sudah lama dicari-cari orang dan nggak ada yang tau ke mana hilangnya.

The Molo from Bacino di San Marco, Venice, karya Giovanni Antonio Canal, alias Canaletto

o-CANALETTO-STORAGE-570

Seorang kurator, Timothy Standring, sedang melakukan pengecekan inventaris rutin hari itu, dan tiba-tiba matanya tertuju pada sebuah lukisan yang warnanya sudah memudar dan teronggok begitu saja. Belakangan ditemukan bahwa lukisan ini adalah donasi dari seorang kolektor setempat dan kemudian dibiarkan berdebu di ruang bawah tanah di Denver Museum. Harganya nggak jelas berapa, tapi sebuah karya dari Canaletto terjual dengan harga $17.5 juta pada sebuah lelang di tahun 2005.

El Albanil, karya Diego Rivera

wa201205A27_00

Lukisan ini tergantung di belakang pintu sebuah kantor milik Rue Ferguson di Texas. Diletakkan di situ, karena pemiliknya nggak tahu bahwa ini lukisan mahal. Menurut Ferguson, lukisan ini dibawa oleh kakek buyutnya di tahun 1920 dari Mexico, dan selama ini Ferguson mengira lukisan ini palsu… El Albanil ini dibuat ketika Rivera masih berumur 18 tahun dan harganya antara $800.000 sampai $1 juta.

o-NAZI-LOOTED-ART-570

Dan penemuan yang paling gila yang terjadi selama tahun 2013 adalah 1.400 lukisan yang ditemukan di sebuah apartemen di Munich, yang adalah jarahan tentara Nazi. Bayangkan, 1.400 lukisan! Dan siapa yang membuat lukisan-lukisan itu? Marc Chagall, Pablo Picasso, Henri de Toulouse-Lautrec, Gustave Courbet, Auguste Renoir, dan masih banyak lagi. Gila kan?

Nah, kamu sendiri, ada nggak benda yang udah lama menghilang dan kamu temukan lagi secara nggak sengaja di tahun 2013 ini?

Sumber gambar: Associated Press dan beberapa sumber lainnya

No comments

Cara Membuat Kopi dengan Chemex

Setelah artikel Kopling sebelumnya membahas tentang sejarah Chemex, kali ini kita akan bahas penggunaan Chemex tapi tidak seperti biasanya. Kehadiran Chemex memang jauh lebih dulu ...