Pen Ajaib 3 Dimensi

0

Sering nggak kamu nyoret-nyoret selembar kertas saat kamu iseng, lagi telponan, atau saat kamu bosan? “Doodling” lah gitu istilah kerennya. Terus biasanya sih, kalo lagi laper atau kalo lagi bosen di meeting, pasti kamu juga suka ngelamun ngebayangin makanan, misalnya. Atau ngebayangin Menara Eiffel karena kamu kepingin banget suatu hari nanti bisa ke Paris. Melamun itu seru sih, karena kita bisa jadi apa aja saat kita melamun. Dan kita juga bisa punya apa saja. Jadi, melamun itu penting atau cuma buang-buang waktu?

Nah, ada sebuah situs di Amerika Serikat yang namanya Kickstarter. Situs ini kerjaannya mendanai proyek-proyek kreatif, mulai dari film, game, musik, seni, teknologi, apa aja. Kickstarter yang ambisius, inovatif, dan imajinatif ini udah mengeluarkan uang sebesar $450 juta sejak 28 April 2009 untuk mendanai 3 juta orang yang terlibat dalam 35.000 proyek kreatif. Orang-orang di balik Kickstarter ini ingin memotivasi orang lain untuk membuat lamunan dan projek-nya jadi kenyataan. Terus mereka dapat uangnya dari mana? Mereka cuma minta 5% dari dana yang terkumpul kalo projek itu sukses. Baik ya mereka?

Salah satu projek yang udah mereka danai dan sukses banget adalah sebuah pen yang namanya “3Doodler”, hasil penemuan 2 orang cowok yang namanya Pete dan Max. 3Doodler ini adalah printing pen 3D pertama di dunia dan baru akan dijual pada bulan September tahun ini seharga $75 per pen. Ini harga yang relatif murah, karena mereka akan buat pen ajaib ini di Cina untuk menekan harga. Singkatnya, kalo biasanya kamu doodling di atas kertas itu kan cuma 2D, nah dengan 3Doodler ini coretan kamu berbentuk 3 dimensi. Wuih! Jadi $75 sih rasanya nggak mahal ya untuk benda sekeren ini.

3Doodler ini besarnya 180mm x 24 mm dan beratnya kurang dari 200 gram. Kamu juga perlu listrik buat doodling pake pen ini. Eh, tapi jangan ngasih pen ini ke adik kamu yang masih di bawah umur 12 tahun karena ujung pen yang terbuat dari metal ini saat panas bisa mencapai 270C. Jadi, 3Doodler ini memang bukan mainan, tapi sebuah pen yang bisa mewujudkan lamunan atau impian orang-orang kreatif. Kalo di cerita-cerita dongeng ada tongkat sihir atau kantong Doraemon, mungkin di kehidupan nyata, tongkat sihir dan kantong Doraemon ini bentuknya pen 3 dimensi seperti ini.

Eh, tapi jangan terus mikir si 3Doodler ini dipakenya bakal ribet. Nggak sama sekali, karena kita nggak perlu software atau komputer sama sekali. Cukup masukkin pen ini ke colokannya, dan langsung deh kita doodling.

Nah, balik lagi ke Kickstarter, Si Kickstarter ini ngajak beberapa seniman yang jualan di Etsy buat nyoba bikin karya seni pake 3Doodler ini. Di bawah ini adalah karya 2 seniman mereka: Ruth Jensen dan Bud Bullivant.

Pengen tau proses pembuatannya kayak apa? Liat aja video di bawah ini.

Keren kan?

Nah, kalo orang-orang kreatif di Amerika punya mimpi dan bisa diwujudkan melalui Kickstarter, kita di Indonesia juga punya badan-badan yang bisa mendanai projek kreatif kita: wujudkan.com dan mari.patungan.net. Jadi memang lamunan, imajinasi, dan khayalan siapa pun bisa jadi kenyataan dan nggak selamanya akan jadi angan-angan kosong kok. Yang penting memang lamunan itu memang bener-bener keren, dan ada kerja keras buat mewujudkannya.

Masih ragu buat ngelamun dan berkhayal? Nggak lagi kan?

About author

No comments

Empat Seniman Disabilitas Yang Mendunia

Kekurangan kini bukanlah hal yang harus ditakuti dan menjadi alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Orang-orang di bawah ini adalah mereka dengan segala kemampuannya telah membuat ...