Pelajaran Hidup dari Seniman Jalanan

800px-MorleyDivorcedWheatpaste

“Street art” mungkin nggak bisa diterjemahin begitu aja jadi “seni jalanan” meskipun sebenarnya “street art” adalah seni visual yang dibuat di tempat-tempat umum. Biasanya, street art ini dibuat sebagai bagian dari unjuk rasa, dan bentuknya bisa graffiti, patung, stiker, poster, atau bahkan video. Istilah “street art” sebenarnya dibuat untuk membedakannya dengan vandalisme.

Aspirasi “seniman jalanan” ini bukan mengubah definisi seni, tapi lebih kepada mempertanyakan keberadaan lingkungan tempat mereka berada dengan bahasa mereka sendiri. Mereka mencoba berkomunikasi dengan setiap orang setiap hari tentang relevansi sosial tanpa memenjarakan pemikiran mereka.

Motivasi dan tujuan dari mereka aantara lain adalah menjangkau publik dan meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap isu-isu sosial dan politik, dan berharap akan ada perubahan yang terjadi. Nggak heran ada yang menganggap street art ini sebagai tindak kriminal, tapi ada juga yang menganggapnya sebagai seni yang murni.

Lalu, apa yang bisa kita pelajari dari mereka?

Jangan pernah takut untuk mengambil resiko

Para seniman jalanan ini berani mengambil resiko yang mungkin membahayakan keamanan dan kebebasan mereka ketika mereka membuat sesuatu yang dianggap melanggar hukum. Dalam hidup kita memang harus sesekali berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman kita untuk mengalami dan merasakan sesuatu yang baru.

Berilah tanpa mengharap kembali

Mereka berkarya karena senang melakukannya dan tidak mengharapkan imbalan. Ketika kita memberikan sesuatu dengan ikhlas, alam semesta akan membalas kebaikan kita.

Tantanglah norma yang ada

“Norma” adalah sesuatu yang sifatnya relatif, karena penting bagi kita untuk keluar dari norma yang ada dan menentukan kebenaran kita sendiri.

Jangan pernah takut

Perlu keberanian yang besar untuk melakukan sesuatu atas nama seni dan kebebasan seperti mereka. Mereka melawan pihak penguasa, kebiasaan, dan norma yang ada. Hidup terlalu singkat untuk berandai-andai. Buatlah keputusan dan lakukan tanpa rasa takut.

Pertanyakan segalanya

Street art itu sebenarnya tidak buruk karena tidak melukai siapapun, bahkan memperindah lingkungan. Jadi, apakah street art itu baik? Tanyakan segalanya. Pikirkan sendiri.

Ketekunan akan membawa hasil

Mereka yang herhasil adalah mereka yang tidak pernah berhenti berkarya. Apapun tujuanmu dalam hidup, teruskan dan perbaikilah selalu melalui proses.

Kolaborasi memperkaya produktivitas

Kolaborasi akan memperkaya pemikiran kita tentang ide-ide baru, pendapat yang berbeda, dan sudut pandang yang lebih segar. Carilah selalu cara untuk bekerja sama dengan orang lain, meskipun hanya untuk sekedar berbagi ide.

Kreativitas adalah bahasa universal

Semua orang punya potensi untuk menjadi kreatif, meskipun bukan seorang seniman. Orang yang selalu melatih daya kreativitasnya tidak akan pernah kehabisan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Keadaan adalah segalanya

Untuk berhasil dalam hidup, perhitungkan lingkungan, sekeliling, dan waktu. Sadar akan keadaan sekeliling kita adalah kunci.

Hidup adalah perjalanan, bukan tujuan

Para seniman jalanan bisa jadi membuat sebuah karya yang dianggap melanggar hukum, tapi belum tentu itu artinya mereka berhasil – tapi bagaimana pun mereka melakukannya.

Hidup adalah tentang mencari pengalaman, menerima tantangan. Halangan yang kita alami bahkan berjasa dalam membentuk karakter kita. Tempat kita berakhir hanyalah akibat dari pilihan-pilihan yang kita buat sepanjang perjalanan hidup.

Digital Street Art?

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah familiar sama yang namanya Street Art. Seni di jalanan ini dengan mudah dapat kita jumpai di sudut-sudut kota. Mulai ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official