NgabubuART: Eksplorasi Dunia Ilustrasi di Indonesia

0

Ada banyak banget sisi dunia ilustrasi yang menarik dikulik di luar hal-hal yang berhubungan dengan teknik untuk menghasilkan sebuah gambar. Kalau kamu ingin menjadi dan sedang berkecimpung sebagai seorang ilustrator, akan jauh lebih baik jika kamu juga memahami seperti apa pasarnya, bagaimana cara memasarkan karyamu, serta tips dan trik untuk bisa terus berkarya di industri ilustrasi.

Catalyst Arts, bersama dengan Kopling, mengajak kamu semua yang ingin serius menekuni dunia ilustrasi untuk ikut serta di seminar NgabubuART dan mendapatkan ilmu langsung dari ilustrator handal yang ahli di pasarnya masing-masing. Mereka akan memberikan pengetahuan mendalam mengenai hal-hal yang kamu butuhkan di pasar spesifik yang ingin kamu selami, karena setiap field ada triknya tersendiri.

Ada empat ilustrator yang akan menjadi pembicara di NgabubuART:

Editorial Illustration

Pembicara: Muhammad Taufiq (Emte)

Ilustrasi editorial merupakan bidang yang sudah menjadi keahlian Emte sejak lama. Sebagai seorang editorial illustrator, ia menciptakan ilustrasi untuk memperkuat sebuah artikel atau opini di berbagai publikasi, seperti koran, jurnal, dan majalah. Beberapa ilustrasi Emte bisa dilihat di majalah Tempo, buku puisi penyair Aan Mansyur, majalah Cosmopolitan, DEWI Magazine, dan masih banyak lagi.

Fashion Illustration

Pembicara: Monica Hapsari

Monica adalah salah satu ilustrator yang namanya sudah cukup malang-melintang di dunia fashion, desain, dan musik Indonesia. Karya-karyanya banyak terlihat di berbagai fashion show lewat kolaborasinya bersama dengan beberapa fashion designer lokal ternama, seperti Mel Ahyar, Danjyo Hyoji, dan Kleting Titis Wigati.

Advertising Illustration

Pembicara: Mayumi Haryoto

Sebagai seorang advertising illustrator, Mayumi dapat menggabungkan seni dan desain untuk mengomunikasikan sebuah cerita, pesan, atau ide melalui ilustrasi yang dapat diterima dengan baik oleh audiens yang diinginkan oleh klien. Beberapa yang pernah ia kerjakan di antaranya adalah ilustrasi untuk GAP Indonesia, cover album SORE, dan poster film Pintu Terlarang.

Merchandising Illustration

Pembicara: Diela Maharanie

Di samping mengerjakan ilustrasi untuk komisi, Diela juga memanfaatkan waktunya untuk memproduksi merchandise sendiri sebagai salah satu cara untuk memiliki kendali penuh terhadap produksi dan kualitas barang yang ia inginkan. Memang butuh usaha yang besar untuk rutin membuat merchandise, karena ia harus mengawasi segalanya, mulai dari desain, distribusi, hingga pemasaran. Tapi, berkat memproduksi merchandise sendiri Diela juga meningkatkan kesempatan untuk karyanya semakin dikenal dan dikoleksi oleh banyak orang.

Pendaftaran

Seminar NgabubuART akan diadakan hari Kamis tanggal 23 Juni 2016 dari jam 3 – 6 sore di bilangan Jakarta Selatan dengan harga Rp250.000/orang, sudah termasuk snack untuk buka puasa bersama.

Pendaftaran bisa langsung dilakukan melalui email contact@kopikeliling.com dengan subyek “NgabubuART” dan menyertakan CV dan portofolio kamu. Detail lokasi akan kami infokan melalui email.

Jumlah kursi terbatas, jadi jangan sampai kehabisan!

NgabubuART2016

About author

No comments

Museum-Museum Terindah di Dunia

Don’t judge a book by its cover, tapi pada kenyataannya buku yang desain sampulnya keren, lebih menarik. Nggak cuma buku, bangunan juga begitu. Bangunan yang ...